Posted by: untoro | June 16, 2006

Manfaat buah-buahan

Useful info from milis anakku:

Fruits-87
APEL — Jus apel dan bayam (atau dapat dimakan terpisah) merupakan kombinasi unik. Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan
atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

ALPUKAT — Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak sajamenjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

PISANG – Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yan mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

BELEWAH – Kandungan beta-carotene, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus sehingga sangat membantu gangguan usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

JERUK
— Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

KURMA
— Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan enerji tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir buah kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

PEPAYA dan MANGGA
— Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan da peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

PEAR
– Mengkonsumsi buah pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak, dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

NANAS
— Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gr Nanas yang diiris-iris, 60 gr cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

DELIMA
— Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakan dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tannin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

TOMAT
— Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).

SEMANGKA
— Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan penyakit arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

KELENGKENG/LENGKENG
— Buah ini banyak mengadung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Sebagai salah satu sumber enerji yang besar serta mengembalikan kelancaran aliran enerji, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan enerji bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan akan membuat tubuh jadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING
— Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

LECI
— Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah Leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

KELAPA
– Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa dan glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan pada tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.

So…buah apa yang udah dimakan hari ini ;) ?

About these ads

Responses

  1. pak bambang saya ingin bertanya, setahu saya air kelapa muda itu mengandung tannin yang dapat mengobati keracunan. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara memperoleh zat tannin tersebut, apakah dengan mengekstraknya atau bagaimana? dan bagaimana caranya..
    tolong dibalas ya…
    terimakasih

  2. Halo…

    Setahu saya, air kelapa muda atau kelapa hijau memang dapat digunakan sebagai alternatif penawar racun. Caranya dengan meminumkannya banyak-banyak pada orang yang keracunan. Dapat dilihat di http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=7

    Mengenai Tannin, maaf saya tidak menemukan informasi mengenai ekstrak tannin dari kelapa. Info di Wikipedia ( http://en.wikipedia.org/wiki/Tannin ) menyebutkan tannin dapat diekstrak dari teh, anggur, delima. Zat Tannin dapat digunakan untuk obat antidiare, hemostatis, dan wasir.

  3. Tolong dong pak informasinya tentang kasiat buah-buahan yang lengkap. Setahu saya manfaat belimbing itu banyak sekali selain yang di atas juga sebagai obat mujarab penyakit hypertensi. Empiris sudah ada bukti bisa sembuh total.

  4. apa yang dimaksud dengan ekstrak tannin

  5. apa yang dimaksud dengan ekstrak

  6. Pak Bambang ysh,
    Kolesterol saya tinggi ( terakhir cek total kolesterol saya 280 ), buah2an apa yang bisa menurunkan kolesterol darah saya. Saat ini saya baru konsumsi Alpukat, pisang dan tomat pagi hari. Bagaimana saran bapak ??
    tks.

  7. silahkan lihat posting http://untoro.wordpress.com/2006/09/12/makanan-dan-minuman-penurun-kolesterol/

  8. pa bambang yang saya hormati,,,
    pa apa benar irsan buah tomat bisa untuk masker??dan apakah itu berkualitas bagus bagi wajah kita

  9. p bambang apa bener kalo belimbing bisa meningkatkan produksi air liur? kalo iya apa bisa menjadi obat untuk xerostomia? thanks b 4

  10. kenapa tidak ada penjelasan tentang buah durian, bengkoang, jambu….knp kalo orang diet lebih memilih mengkonsumsi buah apel dibandingkan dengan buah yang lain?????tlng dijelaskan secra ilmiah….thx…..

  11. Pak Bambang, saya mau tanya neh??
    apa benar klo orang yang habis melahirkan itu dilarang makan buah jeruk???klo ya,kenapa??
    pak,,yang menyebabkan kita jadi susah buang ai besar itu apa seh pak???dan apakah jus apel dan bayam itu harus dimiminum secara bersamaan??
    makasih atas penjelasannya.

  12. pak Bambang, saya mau nama ilmiah dari buah Karsen (Jawa) atau Anggrung itu apa ya?

    • Muntingia calabura L.

      klo klasifikasinx ini diya:
      Kerajaan: Plantae

      Divisi: Magnoliophyta

      Kelas: Magnoliopsida

      Ordo: Malvales

      Famili: Muntingiaceae

      Genus: Muntingia L.

      Spesies: M. calabura

  13. haloo…
    terimakasih untuk visit ke blog saya…

    kalau saya cari, kersen atau buni atau ceri, kelihatannya masuk genus Prunus (http://en.wikipedia.org/wiki/Prunus).
    hanya saya kurang tahu, speciesnya Prunus avium (http://en.wikipedia.org/wiki/Prunus_avium) atau Prunus Cerasus (http://en.wikipedia.org/wiki/Prunus_cerasus)

    salam

    -b

  14. Pak Bambang, saya mau tanya..
    buah-buahan apa yg baik untuk menurunkan trigliserida??
    makasih =)

  15. Pisang apa yang baik untuk diet?thanx

  16. pak, saya minus,tapi ga pengin pake kaca mata.minusnya sktr 1. gimana ngejus wortel yang baik? atau ada saran?
    makasih

  17. saya suka olahraga beladiri,buah apa aja yang cocok d konsumsi????

  18. dear pak bambang,..

    jari jempol tangan saya yang sebelah kanan,..
    terasa nyeri sekali, kalo kata baut mah,..kurang kenceng
    alias longgar.
    apa penyakit di jempol saya itu bisa dibilang “encok” ??
    n bagaimana cara menyembuhkannya ya ??
    karena saya jadi tidak bisa menulis.

    terima kasih

  19. ass. wr.wb

    pa, saya sering sekali memakai komputer max bisa 5-6 jam/hari. Apa yang harus sy lakukan setelah nya untuk mengistirahatkan mata, karena byasanya sy langsung cuci muka dan tidur (sy menggunakan komp. byasanya pd malam hr), namun paginya terkadang pusing? slain itu bagian bahu jg jd sakit, klo terus2an seperti ini bahaya tidak?
    Jadi dalam sehari max brp jam kita berhadapan dengan komputer?

    arigatou…

  20. saya sering datang bulan terlambat, jenis buah-buahan apa yang cocok buat saya

  21. pak bambang, saya mau tanya, buah apa sih yang sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit?

  22. pak boleh tanya? buah apa yg bikin kulit halus dan cerah muka berseri-seri. dan gak bikin kita gemuk
    dan buah apa yg bikin kita langsing terus.?
    tolong bls. thks

  23. saya dengar buah delima yg masih muda dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan, apa itu benar?dan bila iya sekarang sulit ditemui buah delima yg masih muda, nah biasanya di mana kita bisa mendapatkan buah delima itu?dan dengan mengkonsumsi buah apa agar minus yg kita derita tidak makin bertambah, karena saya tidak suka memakai kacamata!dan apakah dengan mengkonsumsi buah tersebut minus kita akan hilang???????
    terimakasih sebelumnya…..tolong dijawab

  24. pak bambang yth,
    sy mo skripsi ni tolong bantu sy donk…sy mo pake jeruk nipis/ kalo ga blilbing buat peluruh dahak truz caranya dibuat ekstrak gmn ya pak???tolongin sy donk…makasi byk sblmnya

  25. Pak Bambang Yth,
    saya sedang membuat karya tulis tentang radang sinus,tolong donk kasih tahu saya buah apa aja yang dapat menyembuhkan ato mencegah radang sinus.

  26. apakah peran mangan dalam membentuk tubuh manusia? dan apa pula sifat-sifat zat tembaga? apakah sifat bisa disamakan dengan fungsinya?

  27. Pa Bambang, tolong kirimkan secara detil tentang asam urat dan buah belewah. terima mkasih

  28. apakah benar pisang bisa menguatkan lapisan lambung??tetapi bnrkah jg bisa membuat prut mnjadi byk angin..thx

  29. to shuri:
    saya kurang tau pasti, tapi dulu pernah baca artikel tentang jus pisang & susu untuk pengobatan maag…

  30. Pak, saya mau tanya buah apakah yang cocok untuk penderita diabetes, karena saya rencana mau makan buah saja pengganti santap malam nya

    terima kasih

  31. Sore DR. Sy cw berumur 23th mw ny ad ga buah yg bwat ilangin jerawat,, duwh pa jerawatnya merah bgt di sekitar pi2 n dagu,, plizz pa tlg bantu sy ya:D

  32. sore dok…saya cwek usia 22 thn, saya ada masalah dgn berat badan…buah2an apa ya yang bisa turunkan berat badan saya?dan bagai mana mengolahnya?
    satu lagi dok, ayah saya terkena penyakit jantung ginjal dan asam urat…kira2 buah2an seperti apa yang cocok untuk dia a dok…
    plzz dok di jawab…
    sebelumnya makasi ya dokter…

  33. pak saya mau tanya buaha yang bisa mengurangi minus pada mata itu apa saja?

  34. PAK buah2an apa yang bisa menurunkan minus mata?apakah benar2 bisa. menurunkan minus mata?makasih

  35. terima kasih banyak infonya dan kami minta kontak bisnis yang bisa diakses

  36. Pak buah apa yang bagus untuk anak saya usia 2 th, yang terkena bronkitis? terimakasih.

  37. Matur suwun infonya

  38. Apa saja manfaat bengkoang?
    Apa saja yang terkandung dalam buah bengkuang?

  39. Saya makan buah PEAR…dan saya beruntung sekali mendapatkan info ini! karena saya punya maag yang akan kambuh..eh pas sekali..
    terimakasih postingnya sangat bermanfaat :)
    boleh saya teruskan ke blog saya?
    kutip saja, dan saya beri link ke wordpress bapak :)

  40. Pak,mau tanya dong.
    1.Nyembuhin mata minus&biar ga nambah2 lg minusnya harus makan buah apa aja ya+harus gmn aja?
    2.Buah2an bt obat wasir apa?
    Tolong jawab ya.Sebelum&sesudah makasih pak

  41. mau nanya obat jerawat yang paling munjarab itu apa ya ?

  42. bagaimana kalau kita gak bisa makan buah set iap hari apa gantinya

  43. Salam kenal, pak……..
    Sy mw tny biasanya ekstrak buah apa y yg bisa mengobati penyakit ginjal????????
    tolong dijawab dan penjelasannya…….
    makasih

  44. Apakah bengkoang juga bisa bikin kita kurus?

  45. Tq…
    infonya sangat berguna bagi saya

  46. pak bambang…
    saya ingin bertanya……

    apa saja manfa’at buah nanas???????

    apakah benar ibu hamil tidak boleh mengkomsumsi nya????

    apa lagi pada sa’at hamil muda???

  47. pak bambang………….
    apa benar buah nanas itu tidak baik untuk wanita?
    kenapa?

  48. pak bambang buah aa yg cocok untuk diet?

  49. Pak,
    Alpukat tu buah apa? Kalau boleh ditranslate ke Bahasa Malaysia atau English. Sama juga dengan belewah, jeruk, semangka dan lengkung. Saya tak faham istilahnya. Tolong ya. Terima kasih.

  50. Pak saya sedang mencari kandungan zat yang terdapat pada kersen. Minta informasi ya pak

  51. yth.p’bambang

    anak’ku umur 7 th, ngak suka sayur tp.suka buah tp.maunya di jus..sptnya kulitnya agak kusam dan sering gatal-2 kira-kira buah apa yang bagus untuk kulitnya jika di jus…trimakasih.

  52. mb saya menderita kurang darah kira 2 ntuk mengatasinya bagaimana ya………. tq wassalam
    by. shevaq

  53. pak,
    buah-buahan apa untuk menurunkan lemak dalam tubuh. saya kurang faham, terima kasih.

  54. pak buah apa yang mudah untuk menurunkan hipertensi selain pace, rasanya gimana… gitu.

    • Biasax obat yg mujarab utk penyakit hipertensi adl buah mengkudu yg udh masak. Carax ambil buah mengkudux potong2 kecil trus di masak dgn 2 gelas air sampai mendididh sampai airx jadi 1 gelas. Dinginkan trus di minum rutin 2x sehari.

  55. Pak saya copy tulisannya Ya !!!!!!

  56. pa buah apa yang sesuai untuk mencantikkan muka?

  57. maaf pak, saya mau menanyakan nama ilmiahnya cerme merah itu apa? terima kasih

  58. Thks atas artikelnya.

  59. om izin copas di blog saya ya :)

  60. Saya cw

  61. pa mau tanya klo manfaat daru buah nagka apa?
    trimakasih

  62. giela……. skrang gw jdi ngerti manfaat buah-buahan thank’zzzzzzzzz yuahhhhhh

  63. pak bgi org yg kekurangngan sperma jg loh mnum air klapa….

  64. pak mu gmuk ni..
    baiknya mkan buah pa seh?
    manfaat lain buah klapa apa?

  65. kalau buah kersen manfaatnya apa?

  66. manfaat buah

  67. blimbing selain itu apakah apakah juga bisa menurunkan colestrol?
    pisang apa ada vit D nya?

  68. wooow,,,
    thanks infonya.Ni sangat bermanfaat banget

  69. tara reng qyu tas info’y
    but,klo bisa lebih bnyak n lebih lengkap lagi ya!

  70. […] Sumber […]

  71. pak, memang benar, kalaau nanas tidak baik bagi anak perempuan??? balez ya pak

  72. pak bambang, apa benar nanas bisa bikin keguguran ? trus, bagaimana mekonsumsi buah yang baik? balas dong pak………….

  73. […] Buah-buahan selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh kita, ternyata buah mempunyai kelebihan yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah agar dapat merawat wajah. […]

  74. pak, saya mau tanya apakah tomat dan apel dapat dikonsumsi bersamaan?
    thx

  75. mekyum..pak napa sich buah nanas g baek buat orang hamil muda????tlong djwab y pak….

  76. Pak, apakah saya bisa minta tolong kirim menu macam-macam jus? terima kasih banyak.

  77. pak, saya ingin tahu kandungan kimia buah kersen yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat…

  78. Pak apakah benar makan buah delima dapat menigkatkan kesuburan / itu hanya mitos saja???

  79. pak bam,
    saya mau tanya tentang kandungan air kelapa dengan air tebu,
    Apakah air kelapa bisa dibuat gula pasir seperti air tebu??
    lagi satu, bagaimana cara membuat gula pasir yang baik?
    bllz ya
    makasii

  80. Dok, saya seorang bloger yang sedang mnecari sebanyak banyaknya informasi mengenai cara penyembuhan penyakit herpes. Sesuai bahasan, klo menurut dokter buah apa aja ya yang bagus di konsumsi oleh penderita herpes? Apa alasanya dok?

  81. blog bapak untoro bagus bgt tp sy masih krg puas karena perpaduan buah-buahannya untuk penyakit tertentu masih krg bukannya sy egois dn terlalu mengkritik tp sy ingin tahun perpaduan antara buah apa yang pas untuk penyakit amnadel krn sebagian besar penduduk indonesia terkennya krn iklim kita yang tropis dan musim pancaroba? arigato gosaimas pak untoro

  82. saya suka kurma…apakah kurma bisa dibuat jus ya?kalau bisa paling enak dicampur dengan buah apa?
    terimakasih atas informasinya…

  83. Boleh minta manfaat buah dari tanaman coco mbelut…..?????

  84. saya mau nanya ? bagaimana sih kalo cara biar buah semangka ga cepat membusuk?????

    tlong… jawab ya pak..???

  85. saya suka sekali tentang kasiat buahnya

  86. buahnya cuma tuch ja ya yang lain masak tak ada ………………………………………………………………. au uga cuka ma informasinya ciieeep bangetttttt. ocey

  87. Pa saya mau tanya ? Buah apa yang bisa merangsang kesuburan rahim…untuk wanita yang ingin cepat hamil…thx

  88. Pak saya mw tanya, buah apa yg bisa mengembalikan otot yg kecentit tulang pada tulang punggung, sehingga sehabis duduk terasa sakit seali. Di buwat miring sakit sekali. Tolong bales secepatnya.

  89. Suplemen alami itu lebih baik dibandingkan suplemen kimiawi atau buatan yang saat ini marak di pasaran

  90. ternyata menkonsumsi buah banyak manfaat ya…klu untuk kesehatan mata itu gmn pak…? saya tu minus tapi malah semakin bertambah….?

  91. lalu, apa manfaat buah stroberi?

  92. apa sih manfaat buah talok atau kersen itu??????

  93. Interesting write-up. Many thanks for sharing

  94. Blog bapak sangat bermanfaat.
    Tapi masih ada buah yang belum dijelaskan manfaatnya. Kalo bisa semua buah yang tumbuh di negara kita tercinta bisa dijelaskan manfaatnya..
    Saya nantikan postingan bapak selanjutnya tentang buah bengkoang, jambu dll

    terimakasih …!

  95. wooowwwwwwwwwww…….
    makasi byk nih buat artikelnya…
    jadi tau manfaat macem2 buah2an…
    ^o^

  96. makasih. infonya bermanfaat.

  97. wooooooooooooooooow………………..!!!!!!!!!!!!!! trnyata kgunaanya banyak bgtz ya……..

  98. makasih infonya

  99. buat temen” yang ingin mengetahui tentang info sayuran dan buah”an. dapatkan informasi dari majalah kami, Hortiplus. yang membahas tentang khusus hortikultura.. trims..
    facebook : majalah hortiplus

  100. nanas kan baik untuk darah rendah tp kl orang penderita darah rendah & sakit maag gmn??baik tdk untuk orang yang sakit maag???
    tq…..

  101. pokoknya semua buah enak………………

  102. pa bambang, maaf mau tanya, buah2an apa yang cocok untuk orang yang sering kembung? apa bener bengkuang? terima kasih ya pa…

  103. Pak.. Saya mau tanya buah apa yg dapat menurunkan mata minus dan bagaimana cara mengonsumsinya. Tolg pak dbalas. Makasih

  104. bapak , saya mau nanya.. selain banyak manfaatnya, buah-buahan yang bapak jelaskan di atas apakah ada mudaratnya? misalnya karna konsumsi yang berlebihan

  105. pak saya mau tanya apa saja khasiat dan kelebihan dari buah kedondong??????

  106. terima kasih pak buat infonya, sangat bermanfaat untuk saya

  107. trimakasih ya pa atas informasinya…

  108. artikel yang menarik, banyak memberikan manfaat. lebih dilengkapi lagi ya…

  109. klo kandungan kersen apa y?

  110. iya pak, buah apa yang bisa menyembuhkan jerawat???

  111. […] Manfaat buah-buahan June 2006112 comments 3 […]

  112. buah apa ya yang bagus dan cepat menyembuhkan luka????????????????

  113. pak bambang saya mau memberikan sedikit saran bagi para wanita atau pria yang ingin diet , bahwasanya bila ingin diet saya sarankan untuk mengonsumsi kentang dan bagi para penyakit jantung saya sarankan lebih baik banyak banyak mengonsumsi terong ungu . terima kasih

  114. Pak Bambang yth:

    Saya wanita hamil 1bln berusia 27 th..yg mau saya tanyakan..apakah air kelapa muda aman bagi kehamilan saya?

  115. Selain buah-buahan, bisa juga mengkonsumsi Jus atau sari buah asli.. :)

    Silakan follow disini

  116. . hai……. gimana sich caranya bikin wajah tambah cuantik
    . biar kita gak malu ma temen”
    . and biar kita tampil pd gt di depan tmn” ku
    . and berikan aku soluysi kalau cara memper cuantik wajah
    . jangan sampai lupa ya!!!!!!!!!
    hahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

    JANGAN SAMPAI LUPA

    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKW

  117. ass…
    pak bambang buah apa yang bagus untuk di jdikan masker?
    trma ksih

  118. jus apel belimbing bagus untuk melancarkan peredaran darah..

  119. wow mantap jg kelebihannya, bs buat resep kedai minuman nih

  120. beneran pepaya mengatasi BAB…? pepaya yg jenis apa..? atau sama saja semua..?

  121. mantab… makasih info buah buahannya.

  122. mat siang pak banbang: saya apakah kandungan kimia dalam semangka yang dapat menurungkan tekanan darah ?? apakah ada penelitin sebelumnya mengenai hal tersebut ??

  123. saya mau menanyakan buah apa yang baik dikonsumsi pada penderita penyakit Liver, Asam Urat, Ginjal…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: