Posted by: untoro | June 19, 2006

8 Dewa

Buku baru Kho Ping Hoo?

Bukan…. Yang dimaksud Tanaman 8 Dewa, Crown of Throne, atau panggilan yang lebih familiar lagi…Euphorbia.

Duri-durinya dipercaya masyarakat Thailand mampu mengusir roh jahat. Bunganya yang menyerupai angka delapan dianggap membawa keberuntungan.Sewaktu jadi warga baru di Depok, tetangga memberi tanaman ini sebagai hadiah. Terus terang, awalnya tanaman ini tidak pernah jadi perhatian.

Jangankan bentuk bunganya yang menyerupai angka delapan, warna bunganya saja tidak tahu :P.
Yang pasti, tanaman ini batangnya penuh duri.

Sampai waktu secara tidak sengaja melihat buku mengenai tanaman ini di Gramedia.

Lho…itu kan si taneman duri yang di rumah. Kok ada bukunya ya?”. Setelah baca-baca sebentar, wah…ternyata tanaman yang sedang naik daun. Dari warna bunga, bentuk bunga, daun, duri, banyak sekali jenis tanaman ini. Perawatan dan cara memperbanyaknya mudah dan dari sisi harga…lumayan mahal juga ;)

Tiiingggg…jadi mulai perhatian :P. Coba-coba stek…hasilnya dari yang semula hanya punya dua, sekarang di rumah sudah ada enam dengan jenis bunga seperti yang ada di foto. Yahhh…lumayan buat pemula ;).

Media tanam yang basah atau lembap terlalu lama jadi musuh buat si tanaman ini. Dapat mengakibatkan busuknya akar…batang tanaman menjadi lunak…dan kemudian mati. Meski demikian, tanaman ini harus rutin disiram, secukupnya saja.

Faktor penting lain yang dibutuhkan tanaman ini yaitu sinar matahari.

Ya…tanaman ini akan subur jika terkena sinar matahari langsung. Pembungaan sangat tergantung pada sinar matahari. Selama cukup sinar matahari, selama itu pula tanaman ini terus berbunga. Bunga yang rontok akan langsung digantikan dengan bunga lain yang baru kuncup.

Bagaimana cara melakukan stek-nya? Tips-tipsnya?Nanti yaa diposting berikutnya ;).

About these ads

Responses

  1. [...] Namanya Ru’in. Bagaimana hasil pekerjaannya? Rasanya tidak perlu saya ceritakan lagi, mengingat hampir seluruh rumah di komplek Puri Insani – Kota Kembang Depok Raya ditanganinya. Dia datang untuk merawat rumput gajah mini yang baru ditanam di halaman depan .Hanya itu? Kejutan…. Melihat saya memiliki sedikit koleksi Euphorbia, dia membawakan juga satu karung penuh media tanam (sekam) untuk saya. [...]

  2. dear pak bambang
    saya mau coba stek 8 dewa,tolong email caranya ya?kalau bisa ada fotonya,terus umur / tinggi berapa yg bisa di stek?
    thanks
    apa bisa di campur 2 warna?

  3. to marcell:

    halo pak,

    hehehe…jadi malu….
    soalnya gampang banget sih pak…dipotong biasa terus ditancep ke tanah juga jadi :)

    tapi kalo mau ambil cara yang lebih aman…step nya kurang lebih gini:

    Persiapan stek
    Potong/gunting calon stek…
    Pilih yang panjang atau tinggi kurang lebih 10 – 15 cm….dipotong miring
    Bagian pangkal jangan terlalu kecil. Potong lagi aja kalo diameter pangkal lebih kecil dari tengah batang calon stek.
    Kurangi daun yang ada di calon stek…sisakan aja paling banyak 7 lembar.
    Bersihkan getah yang keluar…trus diangin-angin
    Simpan di tempat kering & aman jangan sampai terkena air
    Stek ini baru akan ditanam esok hari

    Persiapan media tanam
    Media tanam paling baik untuk euphorbia yang sifatnya porus/kering, tidak menahan/menyimpan air. Biasanya campuran sekam bakar, pasir, humus dll. Saya tidak pakai perbandingan2….
    Berapa pun perbandingannya menurut saya sih tidak apa2 asal tidak menahan air aja.
    Masukkan dan padatkan media tanam ke pot
    Stek yang sudah diangin-angin, keesokan harinya dapat ditanam. Kalau memang punya, bisa dioleskan root-up (pemercepat penumbuh akar)…kalo enggak punya ya gpp…bukan syarat kok :P

    Tancapkan stek ke media tanam ke pot. Hati2, jangan sampai patah….

    Stek yang sudah ditanam tsb jangan terkena sinar matahari langsung dulu sampai kira2 2 minggu. Jaga juga jangan sampai terlalu basah, karena bisa membuat stek menjadi busuk.

    Selamat mencoba

  4. aduh gu jadi malu

  5. gimana cara merawatnya

  6. haha

  7. aduh

  8. mas,
    jenis perangsang akar apa yg bagus untuk digunakan..?
    dan kenapa batang yng saya stek daunya pada layu apa nggak knpa..?

  9. wooooooooowwwwwwwwwwwww bgus y bunga nya apalagi dihiasi oleh wrna2 yg indah,n bunga yg kcil2.
    d rmh aku jga ad bnga 8 dewa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: