Posted by: untoro | June 30, 2006

Diare

Minggu kemarin, Rekia – anak saya -, rawat inap di rumah sakit karena diare. Cukup lama juga, 4 ½ hari.

Gejala awal yang terlihat yaitu buang air besar dan muntah-muntah sejak pukul 09.00 sampai 16.00 (saat dibawa ke dokter). Frekuensinya sudah lebih dari 6 kali. Suhu tubuh juga di atas normal.

Apa yang disebut diare? Apa yang perlu dilakukan saat anak diare?

Berikut artikel mengenai diare hasil tanya-tanya dengan dokter dan artikel di milis anakku.

Apa yang disebut diare?

Anak dikatakan dalam kondisi diare jika frekuensi buang air besarnya lebih dari 6x dan bentuknya cair tanpa ampas.

Apa penyebab diare?

Diare dapat disebabkan dari faktor lingkungan atau dari menu makanan. Faktor lingkungan dapat menyebabkan anak terinfeksi bakteri atau virus penyebab diare. Makanan yang tidak cocok atau belum dapat dicerna dan diterima dengan baik oleh anak dan keracunan makanan juga dapat menyebabkan diare.

Apa yang harus dilakukan saat anak diare?

  1. Lakukan observasi awal penyebab diare. Apakah menu makanan menyebabkan anak diare?Jika akibat menu makanan atau keracunan, diare berfungsi membantu tubuh mengeluarkan zat beracun atau yang membahayakan tubuh.
    Untuk itu diare jangan dicegah dengan minum obat anti diare akan tetapi dijaga agar tubuh tidak dehidrasi dengan jalan perbanyak intake cairan.Selama masih ada zat didalam tubuh yang beracun, si kecil butuh mengeluarkannya berulang2 nah kalo dikasih obat anti diare udah pasti donk diarenya berhenti akan Obat anti diare akan menyebabkan zat beracun tidak tuntas dibuang dan ibarat bom waktu suatu waktu zat tersebut dapat meledak dan membahayakan anak.
  2. Anak penderita diare ringan tetap dapat mengkonsumsi makanan biasa, termasuk susu. ASI tetap dapat diberikan.Jika anak terlihat kembung setelah minum susu sapi atau formula, hubungi DSA. Diskusikan kemungkinan mengganti susu. Biasanya susu yang digunakan yaitu susu free-lactose (FL).Cairan khusus (pengganti cairan tubuh) umumnya belum diperlukan pada anak penderita diare ringan.
  3. Anak penderita diare sedang dapat dirawat di rumah dengan pengawasan ekstra dan petunjuk dari DSA-nya.DSA biasanya menginformasikan berapa banyak cairan khusus yang perlu diminum dan jarak pemberiannya, jenis makanan yang dapat dikonsumsi (biasanya makanan lunak dan tanpa serat). ASI tetap dapat diberikan.Beberapa anak tidak dapat mencerna susu sapi saat diare. Hentikan jika anak Anda mengalami hal ini.Cairan khusus (umum disebut oralit – meskipun oralit sebenarnya adalah merk dagang) telah dibuat sedemikian rupa untuk menggantikan cairan dan garam elektrolit yg hilang selama diare. Cairan ini sangat bermanfaat sekali untuk perawatan diare ringan hingga diare sedang.

    Jangan membuat sendiri cairan ini.
    Takaran dan kandungan dari oralit sangat kompleks. Akibatnya mungkin saja tanpa sengaja anda salah membuatnya. Gunakan cairan yang dibuat oleh beberapa perusahaan farmasi terpercaya.

    Contoh jenis-jenis produk cairan rehidrasi yg umumnya terdapat di apotek antara lain Pedialyte (Ross Laboratories), Infalyte (Mead Johnson Nutritionals), ReVital (PTS Labs). Tanyakan apoteker jika Anda memerlukan bantuan.

    Jika anak tidak muntah, secara umum cairan dapat diberikan sampai jumlah urin anak kembali normal.

  4. Untuk diare berat dengan gejala-gejala dehidrasi berat harus diberi cairan infus. Gejala dehidrasi berat antara lain seperti frekuensi buang air kecil yang menurun, tidak mengeluarkan air mata saat menangis, demam tinggi, rongga mulut kering, berat badan turun, mata cekung, haus dan lemas luar biasa.Laporkan pada DSA jika diare disertai keluarnya darah, tidur yang tidak dapat dibangunkan, dan demam tinggi.Anak tetap dapat diberikan makan saat tidak muntah dalam porsi sedikit.

Apa yang JANGAN dilakukan saat anak diare?

  1. Membuat cairan khusus sendiri, kecuali atas petunjuk DSA dan Anda memiliki alat-alat yang dibutuhkan.
  2. Melarang anak makan saat ia lapar
  3. Menggunakan susu yang direbus atau kaldu/sup asin.
  4. Menggunakan obat anti diare, kecuali atas instruksi DSA.
About these ads

Responses

  1. Sekarang gimana kabarnya Rekia? Berat badannya sudah kembali normal?

  2. Alhamdulillah Rekia baek2….
    Makannya bagus banget…beratnya juga kenceng naeknya :)

  3. keren…………keren…………….keren !!!!!!!!!!!!
    SEMANGAT!!

  4. ass. semoga sehat selalu, trims infonya. wassalam.

  5. Wuah! Infonya berguna buat kami, ank FK. Terima kasih telah berbagi pengalamannya…
    Mudah – mudahan Reika sehat selalu. Amin…

  6. Makasih banget info nya, mudah-mudahan skripsi saya tentang efek seledri untuk mengobati diare bisa tercapai. Semoga Reika selalu sehat. Amin..

  7. Syukurlah…..

  8. semoga akan ad lagi info2 spt in.n dharapkan mbhasnya lebih detail.cos bagus buat bahan laporan or skrip.thanx

  9. Assalamualaikum Wr. Wb
    Anak saya umur 6 bulan
    tidak menetek, jadi sekarang minum susu botol
    minggu kemaren ganti susu lanjutan SGM2
    tetapi dua hari kemudian muntah2 dan kesokan harinya mencret
    tolong dong kasih tau gimana tindaklanjutnya

  10. dont wait till tomorrow what you can to day.

    for:

    j. cole .b.

  11. wah makasih banget infonya…sangat bermanfaat. Anak saya mencretnya kumat plus dengan muntah2 setiap makan jagung, apa bisa ya jagung bikin alergi??? Tapi alhamdulillah setelah diberi oralit, obat anti muntah, dan obat untuk nyerap racun dalam tubuhnya akhirnya ceria lagi. Padahal kepikiran jg mo dibawa ke RS sj kalo ga sembuh2. Thx

  12. saya mahasiswa akbid cuma ngambil artikel sebagai tugas makalah makaci

  13. Aq lulusan gizi copy artikelmu tentang diare buat leaflet ku. makasih buanyak ya. :)

  14. Aq lgy diare jg neh.. G bsa mlakukan aktvitas sperti biasax lgy.. Hm..

    • Semoga sudah sembuh ya diare-nya…

  15. Anak saya umur 9 bulan 2 mg yg lalu diare…namun telah sembuh dan semg yg lalu kembali diare…saya bingung..menu makanannya tdk berubah susu formula yg diberikan jg tdk berubah.Anak saya tdk muntah sdh dibw ke dr dan diberi obat namun belum ada hasilnya..Sekarang anak saya susah makan.Saya juga tlh memberikan pedialyte tp anak saya kurang suka.Apa yg hrs saya lakukan?Gimana baiknya mknnya?blh tdk mknnyan diberikan garam agar tdk hambar krn selama diare mknannya tdk diberikan garam

  16. Anak saya usia 15 bln, mengalami diare disertai lendir, kemudian berobat ke dktr di beri bactoprim, dan sdh manggunakan susu FL,. Tapi setelah obat hbs anak saya ttp diare kadang ada lendir kadang tidak karena merasa cocok saya membeli sendiri bactoprim hingga hbs 4botol,. Skrg saya menghentikan semua obat dan tidak membawanya ke dktr dngn alasan takut keracunan obat,. Apa yang hrs sy lakukan skrg,. Saya memberikan makanan biasa dan menggunakan garam, disertai jus jambu batu merah dan apel,. Apa tindakan saya salah?

  17. anak saya umur 13 bulan,kenapa ank saya setiap buang air besar seperti diare,tp anehnya cuma 1-2x aj,sebelumnya aku kira gara2 susunya trus aku sudh ganti tp masih aj,tp ank saya tidak rewel,dia biasa2 saja,tp akunya yg kwatir banget,aq bingung ne harus gimana,tolong kasih pendapat ya frend,.,.,.,thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: