Posted by: untoro | September 11, 2006

Loyalitas Konsumen

https://i2.wp.com/toneee.com/pics2005/question8ball.jpg Saat ini, segala cara dan strategi dilakukan untuk meraih loyalitas konsumen.
Sabtu kemarin (09.09.2006), sebagai konsumen, saya berjumpa banyak orang yang kebetulan saya gunakan jasanya. Masing-masing dengan kepentingan yang berbeda-beda.Mungkin karena pekerjaan saya sendiri juga mengutamakan kepuasan pelanggan, saya senang mengamati bagaimana cara mereka menghadapi pelanggan/konsumen.

  • Yang pertama adalah teknisi dari Electrolux.Saya pemakai mesin cuci front-loading Electrolux, dan buat saya, pelayanan purna-jual yang diberikan Electrolux tak diragukan lagi. Anda bisa membaca tulisan pengalaman saya mengenai Customer Delight – Electrolux di sini.Teknisi tersebut datang ke rumah dengan membuat janji lebih dahulu untuk melakukan pengecekan rutin 6 bulanan pada mesin cuci saya.Sambil melakukan pengecekan dan pembersihan, teknisi yang datang memberi beberapa informasi, petunjuk dan tips untuk merawat mesin cuci.

    Salut saya buat Electrolux. Data pelanggan yang mereka miliki benar-benar mereka manfaatkan, tidak menjadi data mati.

  • Yang kedua, tukang taman🙂.Namanya Ru’in. Bagaimana hasil pekerjaannya? Rasanya tidak perlu saya ceritakan lagi, mengingat hampir seluruh rumah di komplek Puri Insani – Kota Kembang Depok Raya ditanganinya. Dia datang untuk merawat rumput gajah mini yang baru ditanam di halaman depan🙂.Hanya itu? Kejutan…. Melihat saya memiliki sedikit koleksi Euphorbia, dia membawakan juga satu karung penuh media tanam (sekam) untuk saya.Mungkin dia tidak tahu apa itu Customer Satisfaction, Customer Delight, atau berbagai strategi rumit untuk meraih loyalitas pelanggan, tetapi mengenai penerapannya, dia tidak ketinggalan.

    Buat Anda yang tinggal di Depok dan sekitarnya, dan tertarik ingin membangun atau merenovasi taman, dapat menghubungi Ru’in di 0813-18-288514.

  • Yang ketiga, Customer Service (CS) sebuah layanan telekomunikasi selular.Saya mendatangi salah satu tempat layanan telekomunikasi selular untuk berhenti menjadi pelanggan.Layanan yang saya terima cukup baik, namun juga tidak dapat disebut jelek. Namun ada hal yang aneh. Menurut saya, sewajarnya saya ditanya mengenai alasan saya berhenti. Yang saya heran, hal tersebut sama sekali tidak ditanyakan.

    Saat pulang, saya masih mereka-reka, apa alasan CS tersebut tidak menanyakan alasan saya berhenti. Satu-satunya alasan yang terpikir, kemungkinan untuk menghindari anggapan prosedur yang berbelit-belit.

    Mudah-mudahan memang itu.


Responses

  1. bapak, mas, om, saya ini mahasiswa yang mau skripsi da bingung mau cari jurnal masalah consument expectation, perceived quality, service quality, consumen satisfaction, complain, sama consument loyalty. saya bingung cari dimana. sekiranga yang terhormat bapak, om, mas membantu saya memberikan beberapa alamat yang dapat dituju nuntuk bahan referensi skripsi saya. terimakassih

  2. pak..saya sedang kesulitan mencari penjelasan lebih lanjut ttg loyalitas dari schiffman & kanuk, dan hill. saya mendapat lumayan dari internet tp pgn cari yg lebih komplit lagi..kira2 gmn ya pak?mohon bantuannya..thx

    best regards,
    viena

  3. kira-kira untuk sebuah tesis manajemen pemasaran, mengenai perilaku konsumen terutama loyalitas konsumen. judul apa ya yang cocok untuk tema ” konsumen pindah merek” oya, minta tolong juga referensi jurnal internasional yang berhubungan dengan tesis saya kalau ada. thank btg.

  4. ass.
    pagi pak..saya baru mau menyususn skripsi. saat ini saya baru bingung mencari jurnal &artikel yang terkait dengan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen dan trust pada konsumen. minta bantuannya ya pak… terima kasih sebelumnya
    wass.

  5. assalam ‘alaikum…
    saya sedang ingin menyusun skripsi yang ada kaitannya dengan loyalitas konsumen,,,
    mohon bantuannya…
    saya sangat berminat meneliti hubungan antara brand image dengan loyalitas

    terima kasih sebelumnya..
    wassalam ‘alaikum

  6. permisiii…mohon dibantu dimana saya bisa menemukan jurnal tentang kepuasan konsumen terhadap kepuasan jasa….
    terima kasih atas bantuannya

  7. numpang tanya..
    terima kasih saya telah diizinkan untuk mengisi respone yg telah saya bc.
    saya ingin menanyakan tentang loyalitas konsumen trhdp pemakaian produk handphone/ HP (nokia)
    krn saya ingin membantu teman saaya agar dapat menyelesaikan penelitian reseacrhnya.
    terima kasih…
    saya harap dapat memberikan informasi tambahan yg akan mempelancar reseach teman saya.
    best wish…
    thx alot…

  8. Ass.Wr.Wb
    siang pak..
    mohon bantuannya informasi tentang loyalitas konsumen, ekspektsi, dan citra yang berhubungan dengan universitas. karena saya ingin mengambil objek pada universitas. matur nuwun..
    Wss.Wr.Wb

  9. ass. pak, saya pengen masukan dr bapak karena saya gi nggarap TA saya, judul TA saya loyalitas marketing pada sebuah pabrik kertas(B to B)
    saya menggunakan teknik menjual sebagai pendekatan untuk loyalitas tsb.
    saya minta saran dari bapak untuk dapat sempurnanya TA saya.
    sekalian doa nya untuk dapat jd manusia yg bermanfaat dunia& akhirat

  10. Ass,
    Pak, saya mau ngadain penelitian mengenai perilaku konsumen ‘brand loyalist’ dan ‘brand switcher’ terhadap produk tiket penerbangan. Kira-kira judul yang tepatnya apa ya pak?????

  11. pak,mas saya mahasiswi yg sedang menjalani skripsi tentang loyalitas konsumen.saya kesulitan menemukan karakteristik loyalitas konsumen.mohon petunjuk.trimakasih

  12. pak, saya mohon bantuannya dong. saya akan nyusun skripsi dng tema loyalitas konsumen, variabel apa yang berkaitan dengan loyalitas konsumen?
    kalo saya pake judul : hubungan demografis terhadap loyalitas konsumen pada suatu merek.. bisa ga pak?
    makasi ya atas responya.

  13. oya pak kalo ada jurnal pendukung, atw proposalnya.. saya dikirimi sekalian ya!!

  14. pak, mohon bantuannya
    saya sedang menyusun tugas akhir tentang loyalitas pelanggan terhadap tempat olah raga.

    susah sekali mencari sumber dan datanya. mohon bantuannya.

    terima kasih

    santy

  15. Pa, mohon bantuannya
    saya lagi menyusun skripsi tentang Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap loyalitas konsumen
    jika bapak mempunyai jurnal terkait mohon dikirim ya
    thanks

  16. saya tidak sengaja menemukan blog bapak waktu sedang search tentang hubungan antara company image dg loyalitas konsumen untuk tinjauan pustaka skripsi saya. saya baca blog bapak, sepertinya bapak seorang dosen (hehe,, sok tau yaa..). banyak sekali comment di blog bapak yg isinya minta bantuan buat skripsi.. tapi tenang pak, saya gakan ngrepotin bapak ko,, saya cuma minta bapak dukung aku dalam doa aja.. makasi pak. God bless u..

  17. saya minta tolong sama bapak, jika boleh tolong pak minta jurnal tentang loyalitas untuk skripsi saya. sebelumnya terima kasih.

  18. Ass.. pak boleh minta jurnal tentang loyalitas konsumen untuk skripsi,thank’s pak…

  19. Ass. Wr. Wb

    Saya mahasiswi semester 7 ingin membuat skripsi tentang peranan customer statisfaction terhadap loyalitas konsumen pada perusahaan JASA..Mohon bantuannya..
    Saya masih bingung tingkat statisfaction yang seperti apa yang sangat mempengaruhi terciptanya layalitas konsumen dan bagaimana strategi yang efektif untuk menciptakan customer statisfaction tersebut..
    Terima kasih…

    Wassalam

  20. asswrwb.pak saya mau bwt skipsi yang ada kaitannya tentang loyalitas.mohon bantuannya

  21. ass
    pak sya adalah mahasiswa semester akhir yang akan menulis skripsi. saya sangat tertarik dengan tema emotional labour terhadap employee well-being. apakah bapak memiliki referensi nya?mohon bantuannya, terima kasih

  22. Ass..Pa maf saya minta bantuannya,saya mahasiswi manajemen pemasaran pariwisata UPI Bandung semester 5, bulan ini saya lagi bikin proposal skripsi,saya kesulitan bahan mengenai loyalitas pelanggan sama faktor2 pendorong dari loyalitas itu sendiri, bapa bisa bantu?! ini email saya chacermin@yahoo.com mohon bantuannya pa, no HP saya 085659244653 terimakasih! ditunggu informasinya……………

  23. slamt sore..
    maaf pak,dan mohon bantuaannya.
    saya mahsswa yg sedang skrpsi.
    mohn bantuan. pengertian dari loyalitas konsumen,dan faktor2nya.
    dan bagaimana setrategi membangun loyalitas.
    terima kasih..

  24. slamat malam pak..
    saya mahasiswa fikom unpad bandung yang sedang membuat skripsi mengenai tayangan iklan terhadap loyalitas konsumen terhadap produk..saya masih bingung mengenai teori ttg loyalitas konsumen,,bagaimana ya pak penurunan variabelnya apakah memakai teori sikap sudah cukup??bagaimana mengkaitkannya dengan loyalitas itu sendiri..
    mohon bantuannya pak…

  25. Asslkm, pak saya dari matematika sedang menyusun tesis yang ada hubungannya dengan loyalitas pengguna kartu seluler. Saya awam sekali masalah ini. Saya ingin tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi loylaitas konsumen? apakah bisa variabel umur, pendidikan, pekerjan, jenis kelamin, usia mempengaruhi loyalitas pengguna kartu seluler? jika bisa buku apa yang jadi pegangan?dapatkah anda mengirimkan jurnal tenatng hal tsb. mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya. Wassalm

  26. aslkm pak, saya mahasiswa dari statistik. mau nyusun tugas akhir (TA) yang berjudul “loyalitas kinerja karyawan”. dalam mengawalinya kami kesulitan dalam mencari landasan teori tentang loyalitas. mungkin bapak bisa bantu. kalau ada waktu kirim ke email saya ya..
    trimakasih. was

  27. pak, saya vivi mahasiswa magister managemnent. Dalam tugas akhir ini saya membahas faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan. Tetapi sangat susah sekali dalam mencari teorinya. sebaiknya saya cari dimana ya pak? terimakasih

  28. ass pak, saya mhs MM dan saya ingin mengambil tesis mengenai loyalitas konsumen di industri jasa,
    mohon bantuannya pak tentang teori dan referensi yang baik untuk digunakan, kira-kira judul yang menarik apa y Pak?

    Terimakasih.

  29. Selamat sore pak.. Saya mahasiswa komunikasi. Saya ingin meneliti tentang hubungan event marketing yang dilakukan oleh para marketer dengan loyalitas konsumen.
    Saya mohon bantuannya untuk teori dan referensi.

    Terima Kasih Pak.

  30. saya sedang dalam proses mengerjakan skripsi tentang servqual, bsa kah anda memberikan referensi jurnal, artikel dsb, tentang korelasi servqual terhadap loyalitas, dan juga para meter loyalitas itu sendir, sekiranya anda bisa membantu saya..

    terima kasih…

  31. Selamat pagi/siang/malam

    Saya mau tanya pak apakah ada hubungan antara Positionong, Diferensiasi, dan Brand Image Dengan Loyalitas Konsumen

    Landasan teori untuk Hubungan Brand Image dengan Loyalitas konsumen dapat dilihat di buku apa kira?

    Terimakasih antas perhatiannya.

  32. assalamu’alaikum.pak,saya mau nanya apa saja yang mempengaruhi menurunnya loyalitas konsumen. terutama penumpang maskapai penerbangan

  33. bapak….tolonglah saya,,mungkin karena sekian banyak mahasiswa yang nanya tentang skripsi membuat bapak tdk sangguup lg untuk coment, tapi saya bener-bener butuh materi tentang loyalitas yang detail, gimana saya harus mendapatlkanya??? atau kalo bapak bersedia tlg hub saya di 08524500582 / boleh kirim saran ke email saya..terimakasih.

  34. aslm. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak, saya mahasiswa UNJ pak, saya sedang menyusun Skripsi yang berhubungan dengan loyalitas sudih kiranya bapak membantu saya dalam pencarian teori loyalitas yang terbaru,, judul skripsi saya..

    ” Hubungan antara kecanduan game online dengan loyalitas pemain terhadap warnet di kecamatan tebet,jakara..

  35. wuis.. pengematan yang jitu dan teliti.. btw saya mau nambah sedikit aja boleh kan.. yaitu pentingnya loyalitas pembeli bagi perusahaan dan bagaimana agar pembeli atau konsumen loyal pada produk atau jasa kita.. klik disini..
    salam untuk semuanya saja dan silakan mampir.. untuk yang punya blog saya ucapkan terimaksih sudah diberi tumpangan lewat…

  36. asslamualaikum wr wb
    saya seorang mahasiswa di pergruan tinggi swasta d semarang, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kelayakan fasilitas dan tingkat kenyamanan terhadap loyalitas penumpang mengunakan jasa bus. tlong djabarkan hasilnya bila anda atau bapak mempunyai jawabanya.

  37. assalamualaikum pak..
    saya mahasiswi yg sedang mengerjakan skripsi..
    judul saya terkait dengan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen..
    apakah bapak mempunyai reverensi buku apa yang harus saya baca?

    apabila bapak mempunyai reverensi atau web apa yang harus saya baca, tolong segera di reply pak..
    terima kasih atas bantuannya..
    wassalamualaikum wr wb

  38. ass..
    pak,,z sedag mengalami kesulitn mndaptkn jurnal untuk makalah studi pustaka z..
    apabila bapk mempunyai referensi mengenai kepuasan konsumen terhadap merek produk peternakan..bsa tdak z bca sebagai referensi z nantinya..

  39. pak, saya mohon bantuan nya.
    saat ini saya sedang kesulitan mencari jurnal untuk bahan referensi skripsi saya yg berjudul “mengukur loyalitas pelanggan rumah sakit ibu dan anak”.
    tolong kirim kan ya pak klo ada jurnal yang brhubungan dengan judul saya tersebut.
    makasih sebelumnya..

  40. saya mahasiswi yg masih mencari judul yg tepat untuk loyalitas pada pelanggan salah satu maskapai penerbangan di Indonesia, adakah saran judul apa yang tepat?


Leave a Reply

Categories

