Posted by: untoro | February 12, 2007

Siapa yang tidak boleh diimunisasi?

Campanha de Vacinação | Influenza Vaccine Campaign Kapan harus imunisasi? Perlukah menunda saat anak sakit? Apakah sekarang saat yang tepat untuk imunisasi?

Pertanyaan-pertanyaan ini selalu kembali muncul saat jadwal imunisasi anak tiba.

Siapa yang tidak boleh diimunisasi?

  • Anak yang sakit parah – demam tinggi, muntah-muntah – harus sembuh dulu sebelum diimunisasi. Bila ia hanya pilek, batuk, demam ringan atau diare ringan, tetap lakukan imunisasi.
  • Anak yang sebelumnya mengalami efek samping yang parah – kulit memerah dan gatal, tekanan darah rendah, sulit bernapas atau shock – setelah disuntik vasin tertentu, ia tidak boleh diimunisasi lagi. Namun, ia tetap harus mengikuti jadwal imunisasi yang lain.
  • Anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah – karena kanker atau AIDS tidak boleh diimunisasi MMR atau varisela, yang dibuat dari virus hidup. Konsultasikan dengan dokter anak Anda.
  • Anak yang menjalani terapi steroid dalam dosis tinggi dan jangka panjang tidak boleh menerima virus hidup. Tetapi, tidak masalah bila ia menjalani terapi, berupa steroid hidup atau yang ditelan dalam jangka pendek.
  • Anak yang alergi pada gelatin atau antibiotika neomycin, polymixin B, dan streptomycin harus ke dokter dulu, yang akan melakukan tes dan menyarankan imunisasi alternatif.
  • Yang satu ini tambahan dari saya.
    Naluri orang tua menurut saya cukup peka. Saat menurut kami “ini bukan saat yang tepat” maka kami memutuskan untuk menunda. Oya, jangan lupa berdoa🙂.

Sumber:
Info vaksin terbaru untuk Mama bijak, Parenting Indonesia, Oktober 2006)


Responses

  1. Good site!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: