Posted by: untoro | February 20, 2007

Yellow Box-Junction

Yellow Box atau Box Junction atau lengkapnya Yellow Box Junction adalah marka jalan berupa sebuah kotak dengan satu silang diagonal berwarna kuning atau dapat pula berupa kotak dengan silang-silang diagonal berwarna kuning.

Semua kendaraan dilarang memasuki area yang diberi marka kuning tersebut apabila pengemudi merasa tidak yakin dapat melewatinya, misal terdapat antrian kendaraan di depannya, meskipun lampu lalu lintas dalam posisi hijau.


Marka jalan ini ditempatkan (atau tepatnya dicat di permukaan jalan) di persimpangan jalan atau di tempat yang harus bebas dari antrian kendaraan, seperti di perlintasan kereta, atau jalan masuk kendaraan darurat (pemadam kebakaran, ambulan, dll.)

Beberapa negara yang menggunakan marka jalan ini antara lain Malaysia, Singapura, Australia, Inggris, dan lain-lain (dapat Anda lihat di sini). Indonesia sendiri sepertinya masih dalam tahap uji coba.

Di Depok, yellow box dapat Anda jumpai di persimpangan jalan Margonda dan jalan Juanda. Dahulu di daerah tersebut pernah terpampang spanduk bertuliskan sosialisasi yellow box junction.

Bagaimana hasilnya?

Menurut saya masih kurang efektif. Terbukti dengan fakta masih kerap terjadi antrian di dalam yellow box, terutama pagi dan sore hari.

Pernah suatu kali saat lampu lalu lintas menyala hijau, saya tetap bergeming karena melihat antrian kendaraan berhenti di dalam yellow box tersebut.
Hasilnya? Suara klakson bersahut-sahutan langsung menyerbu😀.

Saat ini spanduk tersebut sudah dilepas, yellow box tersebut sudah tidak terurus lagi, dengan warna yang makin lama makin pudar.

Sumber:


Responses

  1. […] Way – Arus Balik” yang dikeluarkan Ditlantas Depok.Sama seperti saat program “Yellow Box“ yang sukses dilupakan (atau mungkin malah belum sempat tahu)😛, program Green Way ini pun […]

  2. Saya sedang menyusun skripsi mengenai YELLOW BOX…
    mohon petunjuk mengenai Marka yang satu ini….

  3. info yang saya punya sebatas yang saya tulis di artikel di atas. Bisa dilihat kembali di bagian “Sumber”

  4. wah, ternyata di Depok sudah lama ya YBJ ini ada.
    kalau di kotaku YBJ baru dibuat tahun 2015.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: