Posted by: untoro | April 3, 2007

Kurma

Date clusters hanging down from the crown Beberapa email mengenai khasiat jus kurma untuk meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah masuk ke inbox saya.

Buah kurma memang banyak sekali manfaatnya.

Menurut ahli gizi IPB, Dr Hardinsyah MS, Direktur Klinik Konsultasi Gizi dan Klub Diet IPB ini mengatakan bahwa kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang, meskipun dalam jumlah yang serba sedikit.

Kebiasaan Nabi mengonsumsi kurma segar dan kurma tidak segar (kering) saat berbuka, lanjut Hardinsyah, memberikan manfaat yang optimal.


Kurma Segar dan Kering

Kurma segar mengandung kadar air dan vitamin yang lebih banyak tetapi rendah kandungan energi siap pakainya. Sementara kurma yang tidak segar (kering) tinggi akan kandungan energi siap pakai namun kandungan air dan beberapa vitamin lebih rendah, bahkan kandungan vitamin C-nya hilang.

Kandungan Kurma

Kandungan nutrisi kurma tergantung dari varietas kurma dan kandungan airnya. Umumnya mengandung zat-zat berikut Gula (campuran glukosa, sukrosa, dan fruktosa), protein, lemak, serat, vitamin A, B1, B2, B3, potasium, kalsium, besi, klorin, tembaga, magnesium, sulfur, fosfor, dan beberapa enzim.

Di link berikut ini Anda dapat melihat kandungan nutrisi dari kurma untuk jenis Medjool dan Deglet Noor.

Manfaat

  • Sebagai bahan makanan
    • Selain dimakan langsung, dikeringkan, juga digunakan sebagai bahan tambahan pada roti, coklat, sereal, penganan ringan, dan lain-lain.
  • Obat
    • Kurma mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, untuk terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Potasium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul syaraf.
    • Berbagai mineral yang diperoleh dari kurma bermanfaat untuk mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh
    • Mengandung zat tannin yang tinggi. Dapat digunakan untuk anti-diare, anti-hemostatis, dan anti-hemoroid
    • Obat flu, radang tenggorokan.
    • Mengatasi mabuk
    • Meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah
  • Lain-lain
    • Sabun
    • Kosmetik


Pembuatan Jus Kurma untuk Penderita Demam Berdarah

Untuk yang telah positif DBD, ambil 500 gram kurma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air sampai lembut.

Minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.


Sumber


Responses

  1. Hehehe.. Lumayan nih buat nerangin ke Chpg. Gua suka ‘mati gaya’ kalo’ dia nanya-nanya ‘why we should eat this ?’ (kurma maksudnya) pas buka puasa’😀

  2. apakah benar kurma dapat menyembuhkan demam berdarah?apa kurma mengandung flavonoid??;-)

  3. Assalamu’alaikum…
    Alhamdulillah, informasi yang bermanfaat…
    Beberapa waktu lalu isteri saya sempat kena DBD, dan saya juga sempat kelimpungan dan khawatir, apalagi dites lab berturut-2 trombositnya tetap turun…
    saya sempat mencari jus kurma waktu itu, namun saya belum mendapatkannya. Jadi, waktu itu saya beri juz buah jambu merah dan jus beras merah angkak. Alhamdulillah baikan…
    Saya diberitahu ikhwan utk mencoba jus kurma, karena tante di Jakarta pernah kena DBD dan diberi jus kurma, alhamdulillah baikan…
    Alhamdulillahi ‘ala kulli minnah…

  4. wah korma disini masih pada ijo-ijo… nanti agustusan mungkin pada ranum🙂

  5. saya punya putri umur 13 tahun thrombositnya rendah (30-40 rb)sejak usia 3,5 thn kata Dr terkena ITP .yg membuat saya risau kalau trombonya rendah dia mimisan & sangat sulit berhenti sampai masuk ke lambung lalu tumpah darah.mungkin ada yg bs bantu saran saya.TUHAN MEMBERKATI

  6. Ana memang penggemar, makanan dan minuman Arab, terutama Madu asli, kurma juga senang sih terutama Ruthob yang dingin disimpan dalam Freezer, Zam-zam, Habbatus Shauda juga udah pernah coba, tapi kalau minyak zaitun belum tuh, ngomong-ngomong yang namanya Jus pasti enak yah, tapi ana belum pernah coba Jus sari kurma, kapan-kapan pengen bikin ah🙂

  7. thanks banget buat infonya….by the way, kalo liat bahwa si kurma ini kaya akan elektrolit, jadi kalau pas sulit carinya, bisa digantikan sama minuman elektrolit lain macam pocari sweat itu ya?

  8. Mohon bantuan,
    Kurma jenis apa yang mengandung berbagai macam gizi seperti tercantum di atas.
    Terima kasih

  9. Maaf saya tdk tahu cara membalas pesan ke Bpk. Welly.
    Mohon dibantu ya. Trims.

    >>>
    Bpk. Welly,

    selain Kurma, saya jg baca mengenai jus Apel Malang dan jus Bit merah menyembuhkan ibu Diana!

    Selain itu, di internet bnyk sekali yg mengklaim keampuhan AngKak, Dongquai=TangKwei.

    Di dunia medis ada ImunoGlobulin Serum S7, tp harganya sekitar US$10,000, sama diseluruh dunia!
    Terlalu mahal, diulang2 tiap 2-3 bln dan gak ada jaminan berhasil.

    Silahkan baca;

    http://www.pdsa.org/itp-information/itp-warnings.html

    http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg193074.html

  10. Keponakan saya baru saja menderita ITP, Kakak ipar saya bisanya hanya menaggis karena pasiesn sebelah ada yang menderita seperti itu, divonis dokter 8 bulan dan meninggal.
    saya baca ada bit merah campur apel malang, teh angkak, kurma dll.
    tapi bagaimana caranya memberikan itu semua ke keponakan saya yang masih berusia 4bulan??
    tolooongg saya ya…

  11. klu saya berminat untuk memasarkannya bagaimana?
    dimana saya dapat memperoleh jus tersebut?
    dan apakah ada perbedaan harga?

  12. pak, numpang tanya, dimana ya kalau mau beli buah bit yang selalu ada (di malang) ?

    trims,

  13. insya allah, saya akan melakukan penelitian ilmiah tentang hal ini. perlakuan terhadap tikus yang diinduksi senyawa kimia tertentu. apakah dapat menaikan jumlah trombosit atau tidak. jadi, tunggu aja hasilnya.

  14. senang sekali bisa membaca artikel tentang kurma. saya sedang hamil muda. setelah tau informasi tentang khasiat kurma, saya langsung berinisiatif untuk menkonsumsinya, saya ingin anak saya kelak bisa jadi cerdas karena manfaat kandungan gizi dari kurma yang saya konsumsi. saya juga sangat ingin anak saya kelak menjadi orang yang soleh dengan kebiasaan makan kurma seperti yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

  15. bener banget… aku aja sekarang lagi therapy kurma tuh.. anizt mati suri kemaren bisa sehat lg, alhamdullillah…

  16. cocok utk isi tenaga instan ya pak? Soalnya sy sblm brkt kerja mkn kurma min 10 butir. Lumayan berasa dibadan agak lbh gak gampang capek.

  17. keponakan saya pernah sakit DBD disertai typhus terus dikasih minum jus kurma, jambu merah sama madu, alhamdulillah cepat sembuh. cuma gak tau persis mana yang paling menyembuhkan

  18. Ikutan Yah, Insya ALLAH tuk membantu proses penyembuhan kurma dapat dijadikan sebuah alternatif tapi ada juga menggunakan kurma tidak hanya pada saat sudah menderita sakit, tapi digunakan sebagai tambahan makanan (suplemen) yang bisa menambah stamina kita, info tambahan bisa dikunjungi blog sederhana saya kurmasehat.blogspot.com
    walaikumsalam
    dek project

  19. anda bisa jlasin ga knapa atau gimana caranya kurma itu bisa nambah trombosit bagi penderita DBD???

    thX beFore..

  20. terima kasih telah mendampatkan resep dari anda

  21. bneran ne?

  22. solusi mudah,murah & praktis untuk mengatasi DBD & ANEMIA.
    Madu Kurma (Sari Kurma) AMIRA.
    sangat cocok untuk keluhan DBD & ANEMIA. Praktis tanpa harus dijus dulu. langsung minum.
    1btl = 250gr (kemasan exclusive & higienis)
    1btl Rp.25.000,- (harga sudah termasuk ongkos kirim). khusus daerah jawa.
    hubungi: 0818234046 (sms/call)
    0231-9242901 (sms/call)
    atau hubungi agen2 kami:
    1) PURWOKERTO,BANYUMAS dsk
    085291417303 (sms/telf)
    0281-5782424 (sms/telf)
    2) SEMARANG dsk
    TOKO MARWA Jl.KAUMAN No:8 SEMARANG
    081329288396 (sms/telf)
    087832391296 (sms/telf)
    087832297374 (sms/telf)
    3) BANJARBARU KAL-SEL dsk
    KLINIK BEKAM ABUWAFA. PERTOKOAN CITRA BANJARBARU PLAZA BLOK F-10. BANJARBARU.
    08195451650 (sms/telf)
    4) DENPASAR BALI dsk
    Jl.GUNUNG SERAYA 1 No:25 (YAYASAN TUNAS BANGSA) DENPASAR.
    081337221516 (sms/telf)
    5) MEDAN dsK
    Bp. MUH. NUR Jl. Gn. Krakatau Simp. Jl. Cemara (depan pom bensin) Gg. Budi No: 6-B
    081370050666 (sms/telf)
    6) BEKASI dsk
    Bp. DWIYANTO TOKO ISLAM.INFO Jl. Dewi Sartika No:54 Gg. Melati 3. Margahayu-Bekasi
    021-91411541 (sms/telf)
    081901389456 (sms/telf)
    7) BANDUNG dsk
    Bp. Endriyanto. Jl. Karyabakti No:34. Cijeunjing-Kertamulya. Padalarang.
    085222459971 (sms/telf)
    087879713577 (sms/telf)
    Bagi anda yg berada di daerah Jawa Tengah dsk… Madu Kurma AMIRA telah tersedia di seluruh cabang RITA supermarket.
    TERIMA KASIH

  23. I tend not to leave a response, however I read a few of the comments on Kurma |
    Bambang Untoro. I actually do have a few questions for you if it’s okay.
    Could it be just me or do a few of these remarks come across like they are left by brain dead individuals?😛 And, if you are posting on additional sites, I’d like to keep up with you.
    Would you list of all of your social sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: