Posted by: untoro | April 19, 2007

Ikan Cupang

Saya menyukai ikan cupang (Genus Betta) karena warna dan bentuknya yang indah (meskipun saya saat ini belum memiliki satu ikan pun :-P).

Sifatnya yang agresif membuat sebagian menjadikannya sebagai binatang aduan (Betta Splendens).

Namun, tahukan Anda bahwa ikan cupang termasuk anabantoid?

Anabantoid adalah golongan ikan yang memiliki organ yang berfungsi seperti paru-paru yang disebut labirin. Dengan organ ini, ikan dapat bernafas dengan mengambil oksigen yang diambilnya langsung dari udara atmosfer (bukan di air).

The image “https://i2.wp.com/www.geocities.com/dchiayee/labyrinth.jpg” cannot be displayed, because it contains errors. Pada ikan cupang, insang tidak berkembang dengan baik sehingga mereka tidak dapat mengambil oksigen dari air.

Kemampuan ikan cupang mengambil oksigen dari udara atmosfer ini sesuai dengan habitat alaminya, yaitu di genangan air dangkal berlumpur, di pesawahan, yang memiliki kadar oksigen terlarut yang rendah.

Selain ikan cupang, ikan gurame pun termasuk golongan anabantoid.

Sumber:


Responses

  1. apa anda menyediakan cupang hias untuk saat ini dng jenis : halfmoon,serit,atau doubletail

  2. apa anda menyediakan cupang hias dng harga Rp.10.000,Rp.15.000,danRp.20.0000

  3. bagaimana cara menyembuhkan sirip atas ikan cupang yang patah

  4. saya baru seminggu kenal cupang dan begitu menarik saya perhatian. termasuk ikan yang ngerti akan majikannya. bila di kasih makan merespon.

  5. mas2x yang punya biyang betina cupang bagan kabari saya n berapa harganya dong trims

  6. eh siapa yang punya cupang jenis halfmoon black melano dan pineaple bf

  7. sebenarya saya baru mengenal cupang jenis
    halfmoon black melano, dan bagaimana cara pemeliharaanya?

  8. saya menyediakan berbagai maca m jenis cupang baik adu maupun hias, yang tertarik bs hub aka di 021 – 99941790 / 08156235468

  9. Saya menyediakan halfmoon,plakat,serit, harga mulai Rp.15.000,- sampai dengan Rp. 100.000,-
    berminat hub. saya arif :085259345007.

  10. saya menyediakan cupang hias

  11. anehya ikan cupang apa masih mahal sekarang

  12. klw ada yang jual biang betina halfmoon,mau dong saya,,,

  13. Kami menyediakan berbagai jenis ikan cupang hias dari berbagai jenis, halfmoon, crowntail, dan plakat dengan berbagai jenis warna dan ukuran yang berkualitas, dari hasil ternakan sendiri. Bagi yang berminat harap hubungi kami no. telp:081398003399 atau email:tino.cupang@yahoo.co.id
    Terimakasih.

  14. q mao cri halfmoon yg ekornya 2
    itu hrganya brapa yyyyyyyyyyy

  15. ms ikan cupang yg pling bgus tu pa nmanya

  16. ada yg jual cupang serit,halfmoon,plakat untuk partai ga?lebih diutamakan daerah bekasi dan sekitarnya.hub saya di 081548808746

  17. terima pesanan ikan cupang jabotabek gratis ongkos kirim……..hub 02193442896

  18. malem cupang lovers neh ak mo lego cupang black melano ukuran m ama green metalic ukuran m yang berminat hub di pcdizzy@yahoo.com or telp(0341)9862254 harga nego

  19. aku kasih ikan cupang donk aku tunggu ya……….
    jangan sampailupalo………..
    ingatya……..

  20. Mas2, ane mau tanya neh. Kl ikan cupang kita ksh mkn blood warm sebagai mkn utamanya, bgs gak ya buat pertumbuhan n perkembangannya? Please bls k imel ane ya di ks_kuncoro05@yahoo.com

  21. saya menyediakan ikan cupang brbagai jenis, brminat hub sya


Leave a Reply

Categories

