Posted by: untoro | April 28, 2008

Navigated by GARMIN

28042008 Bermain air, basah, bermain api, panas.

Berkawan dengan penjual minyak wangi, kita akan terciprat wanginya. Berkawan dengan orang sholeh, Insya Allah akan terbawa sholeh.

Lalu? Apa jadinya kalau setiap hari berjumpa dengan rekan yang hari-harinya selalu disibukkan dengan GPS dan pembuatan peta?

Yahh…mula-mula sih tanya ini…tanya itu. Liat ini…liat itu. Lama-lama keracunan juga… ;P. Jadilah Garmin Nuvi 200 di tangan.

.

Kenapa Garmin Nuvi 200?

Saat ini memang banyak pilihan, baik merek maupun tipe GPS. Pilihan jatuh pada Garmin karena fleksibilitasnya Dengan sedikit belajar, kita dapat membuat peta sendiri dan meng-upload ke GPS.

Tipe Nuvi 200 karena mobilitasnya. Bentuknya yang ramping dan mungil membuatnya tidak hanya dapat dipakai di kendaraan, tetapi juga mudah dibawa kemana-mana. Dari beberapa situs juga diinformasikan bahwa tipe ini sebenarnya memungkinkan untuk melakukan track-log – merekam rute perjalanan yang dilalui -, namun sampai sekarang saya belum berhasil melakukannya di device yang saya punya.

639 419e
.

Apa sih manfaatnya punya GPS?

Berbeda dengan anak saya yang sepertinya mudah sekali menunjukkan jalan yang dia lalui saat kegiatan berenang di sekolahnya, atau saat kunjungan ke toko coklat (padahal hanya sekali datang ke tempat itu), saya sering kesulitan mengingat arah dan jalan.

Entah jalannya yang memang ruwet atau memang kemampuan saya yang terbatas. Sepertinya sih alasan pertama yang dominanšŸ˜›.

Bukan bermaksud membela diri. Tetapi dari pengalaman membuat peta jalan dari citra satelit Google Earth, jalanan Jabodetabek memang luar biasa ruwet.

Nah, dengan GPS ini, Insya Allah dapat membantu menunjukkan rute untuk menuju suatu tempat.

Hanya itu?

Tentu saja tidak. Kita juga dapat mencari atau melihat tempat-tempat yang ada di sekitar kita, atau di sekitar titik tertentu, diistilahkan dengan Point of Interest. Misal untuk mencari SPBU, bengkel, restoran, terminal, dan lain-lain.

Kalibrasi ataupun penentuan arah kiblat juga dapat kita lakukan melalui GPS ini.

613 544e
.

Seberapa akurat kemampuan menunjukkan rute dari GPS ini?

Tipe GPS maupun sinyal satelit sudah pasti menentukan tingkat akurasi. Komponen lain yang penting yaitu peta yang kita gunakan.

Semakin lengkap dan update peta yang digunakan, termasuk semua informasi yang terkait (arah jalan, tipe jalan, restriksi jalan, batas kecepatan, dan lain-lain) maka akan semakin akurat rute yang disusun oleh GPS.

Dari pengalaman saya pribadi, saya pernah gunakan untuk pergi ke rumah keluarga dari ibu saya yang saya sama sekali tidak tahu rute-rutenya. Alhamdulillah semuanya lancar-lancar. Saya dapat berangkat dan pulang tanpa kesulitan yang berarti.

.

Sumber & Link Terkait


Responses

  1. Bos, peta nya keren…
    Bagi2 dunk, share la gmapbmap.img gmapprom.img gsmapsupp.img gsmapsup1.img Nanti aq share unlock nya, pake Jetmouse’s Garmin KG Mod. 6in1 dahsyat…

    Aq jg pake garmin. Skrg si pake nuvi700 n eTrex. Mayan friendly, bs diganti boso indonesia pl buat guideline nya lage. Belok kiri, ambil jalur kanan, belok kanan dst. Keponakan jd itut niru2in…

    Tq bro…
    btw, akurasi nya tinggi amat ampe 3m…
    SIRF3 ya? Ato udah di modifikasi galileo blon…
    Nuvi700 q pake peta north america, ga nyampe seakurat itu… batereinya boros di layar gede, audio fm trammiter, blutut, n sd card screening…

  2. itu city navigator ver 2.1 indonesia kok…

    btw…
    kita di navigasi.net sedang buat peta sendiri…rencananya untuk seluruh indonesiašŸ™‚

  3. Om,

    punya gw, nuvi 200W, akurasi nya cuman 7m
    …. nggak nyampe 3 meter .

  4. Benk, aq br donlod City Navigator Southeastern Asia v2.0 NT di dalemnya ada peta indonesia jg…
    kira2 peta itu pake cn indo v2.1 ato yg diatas v3 ya?? lagi nyari2 cn indo v3.1 ato v3.2 ni… kl punya release terbaru, bole dunk sharing ke aq…

    aq dah ngubek2 tanah lapang di pelosok jabodetabek di cuaca secerah mgk, akurasi ga pernah nyampe 3 m… paling mentong nya cm 5-6 m doang, kira2 salah dimana ya? apa ada setingan khusus gitu kale… ato mm peta nya harus buat sndiri, jd bs lebih akurat ya??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: