Posted by: untoro | February 18, 2008

Rak Serba Guna

Semakin lama, sepertinya semakin banyak saja barang-barang yang disimpan jangan dibuang sayang :P. Sebut saja stroller, majalah-majalah, buku-buku, mainan, tas, tenda, peralatan pertukangan, dan masih banyak lagi, yang setelah diperhatikan, mulai memenuhi ruangan.

Kebetulan dibelakang rumah masih ada tempat, yang memang sejak awal saya rencanakan sebagai gudang. Pembuatan ruangannya sendiri saya tidak ambil pusing, sudah ada istri yang mengatur semuanya :D. Spesifikasi bahannya pun biasa-biasa saja, yang penting rapi dan ruangannya tidak lembap agar barang-barang yang ada di dalam tidak rusak.

Setelah ruangan untuk gudang selesai, tahapan selanjutnya menyiapkan rak-rak untuk penyimpanan barang.

Make or buy?

Kalau memang ikhlas dan rela dan punya waktu tentunya, saya sarankan lebih baik buat sendiri. Dengan buat sendiri, ukuran dari rak bisa kita atur sesuai ruangan yang kita miliki.

Dimulailah pencarian informasi untuk buat rak sendiri. Beberapa saya peroleh dari ayah saya, dari om buyung juragan navigasi.net, lihat-lihat di toko besi (rak-rak penyimpanan di toko besi, kebanyakan dibuat dari bahan besi siku yang dibaut), sampai ke Ace Hardware :P.

Apa saja yang dibutuhkan dan berapa harganya?

100_2516e 100_2510e
Material dan peralatan yang dibutuhkan (lihat gambar di atas):

1. Besi siku

Besi siku ini memiliki lubang-lubang untuk memasang baut dan segitiga pengikat. Jenisnya ada 2 macam. Pilih yang lubang bautnya memanjang seperti pada gambar.

Setiap membeli 1 batang akan mendapat segitiga pengikat 2 buah dan baut pengikat 6 buah.
Jika panjang rak lebih dari 1,5 m, lebih baik dipasang kaki sebagai penguat agar rak tidak melendut saat diberi beban.

Rp. 43.000 per batang (1 batang = 3 m)

2. Baut ukuran 12

Rp. 300/buah

3. Segitiga pengikat

Hitung baik-baik jumlah baut dan segitiga pengikat. Untuk setiap sudut rak, dibutuhkan minimal 2 segitiga dan 6 baut.

Rp. 500/buah

4. Triplek 8 mm

Digunakan untuk alas rak. Bisa juga digunakan papan yang dipotong-potong.
Kekuatannya tidak perlu diragukan. Saya pernah lihat rak di toko besi yang menggunakan alas triplek ini (lebar 60 cm) dibebani ratusan kilogram cat.

Rp. 90.000 per lembar (240 x 120 cm)

5. Meteran & pensil

Digunakan untuk menandai triplek yang akan digunakan sebagai alas rak.
Meteran tidak diperlukan untuk mengukur besi siku. Untuk besi siku lebih baik menggunakan lubang-lubang yang ada sebagai acuan ukuran.

6. Gergaji kayu

Digunakan untuk memotong triplek

7. Gergaji besi

Digunakan untuk memotong besi siku.
Pilih mata gergaji yang baik kualitasnya karena besi siku tersebut cukup keras.

8. Kunci pas ukuran 12 (2 buah)

1 buah untuk mengencangkan, yang lain untuk menahan baut. Pertimbangkan menggunakan kunci pas yang memiliki sistem ratchet mengingat baut yang perlu dikencangkan cukup banyak. Untuk 1 sudut rak saja ada 6 baut yang perlu dikencangkan.

9. Kikir

Digunakan untuk menghaluskan tepi besi siku agar tidak tajam.
Bisa juga diakali dengan menempatkan besi siku yang menjadi bagian horizontal rak di bagian dalam besi yang menjadi bagian vertikal (bagian kaki) sehingga bagian bekas potong yang tajam tersembunyi.

100_2514 100_2517
Selain material dan peralatan teknis, jangan lupa menyiapkan obat gosok untuk pegel-pegel. Lumayan sakit-sakit nih badan, tapi cukup terobati dengan melihat hasilnya :).
About these ads

Responses

  1. *Jika panjang rak lebih dari 1,5 m, lebih baik dipasang kaki sebagai penguat agar rak tidak melendut saat diberi beban.*

    maksudnya diberi kaki tuh apa ya?

  2. dipasang besi siku vertikal lagi, dari rak paling atas ampe ke lantai…di sekrup ke setiap besi siku yang horizontal

    bweh…susah jelasinnya euy…sayang gua ga ada foto contohnya….

  3. Bisa dikasih tutup gak biar gak berdebu. Khan ada yg alergi debu.. :-D

  4. mantap om tulisannya..
    kebetulan saya mau buat kandang penangkaran burung dgn menggunakan rangka besi siku ini

  5. kebetulan lg mo bikin rak utk buku2 ku yg berserakan. thx infonya om :)

  6. masih terima order ga pa ?
    mohon infonya….
    rgds
    husen

  7. thanks infonya, mau buka toko nih….tapi denger2 n pernah liat juga sih,katanya ada rak yang include ma tatakannya (dari besi tempa)udah satu paket gitu, tinggal sekrup n baut gitu deh, beli dimana ya??ada yang tau

    best regard to all
    reza

  8. Pak,Saya Boleh Minta Alamat Lengkap & Contact Personnya?

  9. jualnya di mana ya?/ saya mau beli yg udah ajdi ada?

  10. Kapasitas bs sampai brp kg untuk setiap susun?

  11. mo nanya nih, kalo mau bikin pake rak siku yang solid, ukuran p= 3m, t= 4m, lebar = 1m untuk beban sparepart masih perlu tiang penyangga lagi ga y di tengah2?
    takutnya ngelendut nantinya kalo keberatan.
    besi siku solid yg umum di pasaran panjangnya berapa meter y?
    ad yg tau harga pasaran yg update?
    thx a lot….

  12. bisa coba ke ace hardware kalo pengen beli yang rod base

  13. bagaimana kita mau pesan
    bagaimana transaksinya
    terimakasih

  14. wh. thx infonya. saya rencanya bwt taruh akuarium. kira2 kuat ga ya? kira2 80kg untuk 1 akuarium saja sh, dengan pxlxt 120x40x20cm. Tinggi dari dasar triplek ke muka lantai 1-1,5 meter.

  15. makasi om info buat rak besinya..

  16. Saya mau coba tapi beli besi siku ada dimana di jakarta ? Tks

  17. x kreatif la.
    nanti yg lagi lawa k………
    ;DD

  18. Saya mau besi siku berlubang beli dimana ?

  19. saya mau beli jadi timggi 170.cm panyang 6 mtr
    jerak antara rak 40.cm di mana kita pesan berapa harga nya

  20. [...] Rak Serba Guna February 200819 comments 4 [...]

  21. Bos.., untuk Besi Rak Berlobang, yg tebalnya 5 mm ada ga bos..?? kalau ada tolong di kabari ya boss. sekalian sama harganya. dan pendukung2 lainnya untuk keperluan Rak Tsb.

    Salam
    Parluhutan Manalu.

  22. apakah ada siku lubang yang tebal -/+ 4mm, seperti model yang lama..

  23. apakah ada siku lubang yang tebal -/+ 4mm, seperti model yang lama..saya perlu segera Gan….karena u/ tmp barang2 keperluan karoseri,… jangan lupa harganya
    trim

  24. mahal bgt harga besi sikunya..

    di surabaya cuma kisaran 22.000 – 27.000 per 3 meternya.

    • mas beli dimana beli siku berlubangnya???

      • Di Surabaya, di toko bangunan depan perum Gunung Sari Indah. Yang harga segitu untuk ketebalan 1,5 mm

  25. saya baru beli di lahat sumsel, harga perbatangnya 65ribu, itupun nggak di kasih segitiga ama sikunya.

  26. besi serbaguna…H E B A T…

  27. mas, saya butuh info toko atau distributor rak siku nya dimana ya? karna saya mau beli dalam jumlah banyak

  28. sip bs pesan n dikirim door to door ke sorong om

  29. Sangat kreatif sekali.

  30. Trimakasih..Info yg sangat bermanfaat..sukses selalu..!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: