Posted by: untoro | September 12, 2006

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Blueberries Satu lagi informasi yang mungkin dapat bermanfaat. Kali ini mengenai makanan dan minuman penurun kolesterol.
Anggapan mengenai tingginya kolesterol dalam darah hanya bisa terjadi pada manula atau mereka yang usianya sudah kepala empat, sungguh salah besar.
Menurut dr. Suyanto Sidik Sp.PD dari RS Internasional Bintaro, Banten, kolesterol tinggi bisa terjadi pada usia muda, bahkan di usia belasan.

Tips menurunkan kolesterol:

  • Hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi.
    Contoh: jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.
  • Olahraga
    Menurut Prof. Dr. Walujo S. Soerjodibroto, Ph.D, guru besar FKUI – Departemen Ilmu Gizi, tubuh manusia sangat susah mengeluarkan kolesterol. Agar kolesterol tidak menumpuk maka harus dikeluarkan secara paksa. Caranya dengan banyak beraktivitas fisik.
    Lakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.
  • Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
    Semua buah dan sayuran mengandung serat. Jadi, semua buah dan sayuran juga mampu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol sehingga tak beredar dalam darah. Sedangkan vitamin C untuk homeostasis alias pengatur keseimbangan kolesterol.Yang perlu diingat, sayuran yang kaya vitamin C cukup direbus setengah matang. Kalau sampai matang, vitaminnya hilang.Jika sayuran atau buah-buahan dibuat menjadi jus, minumlah bersama ampasnya, karena ampas itu merupakan sumber serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah sebagai berikut:

BAWANG PUTIH
– Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.

Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Pada 1981, peneliti dari Pusat Riset Obat-obatan di Tagore Medical College, India, melaporkan efek bawang putih mentah dan goreng yang diujicobakan pada 20 pasien dengan riwayat penyakit jantung. Menurut laporannya, terdapat pengurangan kecenderungan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah mereka. Ini ditunjukkan oleh aktivitas fibrinolitik yang meningkat. Penelitian juga mengemukakan, khasiat memang sedikit berkurang bila bawang digoreng, tapi tak terlalu bermakna. Jadi pandangan umum yang menyatakan bawang putih akan kehilangan efeknya bila dimasak adalah salah.

Khasiat bawang putih juga bergantung pada tempat tumbuhnya. Bawang putih yang tumbuh di tanah kaya selenium akan mengandung selenium yang tinggi pula sehingga manfaatnya sebagai obat antipenuaan akan lebih terasa.

TEMPE
– Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai. Selain juga mengandung isoflavon yang sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.

TEH
– Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.

ANGGUR
– Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

APEL
– Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

ALPUKAT/AVOKAD
– Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

BLUEBERRY
– Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.

Walaupun ini baru merupakan penelitian awal, tapi telah memberikan harapan baru untuk mengembangkannya sebagai salah satu pengobatan. Penelitian ini diungkapkan pada pertemuan American Chemical Society.

Komponen yang ada dalam blueberry, Pterostilbene, menunjukkan efek yang menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.

Kerja Pterostilbene ini, mirip dengan kerja dari obat penurun kolesterol, Ciprofibrate. Ciprofibrate ini efektif dalam menurunkan kolesterol dalam darah, tapi dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri otot dan mual pada beberapa orang. Sedang blueberry, yang bekerja pada reseptor sel hati sebagai target kerjanya, akan bekerja lebih akurat. Sehingga efek sampingnya juga lebih kecil. Dalam penelitian ini juga tidak ditemukan adanya efek samping.

Penelitian lainnya pada blueberry, menyebutkan bahwa Pterostilbene mungkin juga dapat membantu melawan kanker dan diabetes. Dan juga tidak tertutup kemungkinan dipakai untuk mencegah kegemukan dan penyakit jantung.

Penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan setelah penelitian di laboratorium ini membawa hasil yang menjanjikan. Tapi yang tetap penting harus terus dilakukan adalah tetap melakukan aktifitas fisik yang disertai dengan pola makan yang sehat, banyak konsumsi sayur dan buah dan rendah lemak jenuh. Semua itu merupakan cara terbaik dalam menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

IKAN
– Ikan sangat kaya asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan; ikan air tawar dan ikan laut. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

Tabel kandungan Asam Lemak Omega-3 per 100 gram
Jenis ikan Asam Lemak Omega-3 (gram)
Tuna 2,1
Sardin 1,2
Salmon 1,6
Makarel 1,9
Herring 1,2
Teri 1,4
Tongkol 1,5
Tenggiri 2,6
Tawes 1,5
Kembung 2,2

Sumber:

About these ads

Responses

  1. terima kasih atas infonya Pak!

    • sejak saya cek kolesterol trnyt tinggi 400, sy mulai diet n mkn obat rutin. skrng sy lg diet gol darah AB ,trnyt hampir sama dgn diet kolesterol. sy memang agak mls tuh olahraga.

  2. sangat membantu saya dalam menjaga kesehatan keluarga saya

  3. apakah salmon omega 3 menimbulkan efek samping terjadinya diare?

    • kalau salm on yang terbaik yang berasal dari laut yang dalam di norwegia cuma ada di suplemen merk nutrilite sgt efektip dalam menurunkan kadar kolesterol

  4. terima kasih atas sarannya yah pak.
    anda sangat membantu saya untuk belajar menghindari lemak.

  5. terima kasih info nya saya jd lebih tau mengenai makanan, sayuran dan buah yg bs menurunkan kadar kolesterol ….
    jd lebih hati2 dong sekarang

  6. pak bagaimana dengan buncis saya dengar bisa menurunkan kadar kolesterol, berapa persentasenya yang tewpat dalam pemberian? bisa saya dapat info lengkap nyatrimakasih

  7. saya dengar buncis juga bisa digunakan untuk merunkan kolesterol, bisa saya dapat info lengkapnya? thanks

  8. pak apakah labu siam juga bisa menurunkan kolesterol? zat apakah yang bekerja? tolong jawab segera. terima kasih

  9. untuk tuti maryani & gayuh:

    Manfaat buncis dapat dilihat di sini: http://www.p3gizi.litbang.depkes.go.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=306

  10. terima kasih infonya sangat bermanfaat dan membantu untuk saya

  11. Pak Bambang, terima kasih atas informasinya, berguna sekali buat saya…boleh ngga artikel ini saya share untuk teman2 yang lain?terima kasih.

    Salam

    shanti

  12. to: shanti
    silahkan…sama sekali tidak keberatan…

    “dan atas nikmat (rizki, ilmu, dll) yang engkau peroleh, sebarkanlah…”

  13. Thabks for your good information. jadi melek mata nih

  14. Thx, sangat bermanfaat !!

  15. Trimakasih semoga Allah SWT mencatat informasi anda sebagai amalan ibadah. amin

  16. Terimakasih informasinya.
    Saya juga baru terdeteksi berkolesterol tinggi dan darah sangat kental, yang otomatis berdampak pada kesehatan jantung. Setelah tahu buah apa saja yang bangus untuk dikonsumsi , wah sangat membantu dalam mencoba menurunkan kolesterol.
    Salam sejahtera dari Bogor

  17. Terima kasih informasinya, banyak hal yang saya peroleh dari info yang sedikit ini.
    Salam
    Rustam

  18. Terimakasih sekali atas informasi yang saya dapat dari Bapak semoga dapat mengurangi rasa sakit yang saya derita selama ini.

  19. Apakah ada makanan yang dapat mengegah darah menjadi kental?

    terimakasih informasinya.

  20. Thanks for all,,
    Kalau boleh tahu, makanan yang baik untuk penderita asam urat, jantung, dan darah tinggi apa ya pak???
    Untuk orang tua saya!!!
    Trima kasih sekali lagi..sangat membantu..

  21. thnx,sangat bermanfaat, mau tanya pak kalau kolesterol dapat menimbulkan sakit kepala? trus ikan mengandung kolesterol gak?

  22. terimakasih atas informasi yang bapak berikan ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Sebelumnya saya sangat minta maaf dan ingin berkonsultasi dengan Bapak, yang mungkin ini menyimpang dengan masalah kolesterol. ini menyangkut tumor. tetangga saya terkena tumor jinak dalam payudaranya,ya kira2 sebesar jari ibu.yang jadi pertanyaan saya apakah selain operasi,tumor masih bisa diobati atau mengurangi misalnya dengan tumbuhan alami? mengingat tidak ada biaya. dan tumbuhan apakah yang dapat mengurangi atau mengobati penyakit tersebut?…….Atas informasinya saya ucapkan banyak Terimakasih

    • untuk tumor payudara,obatnya daun sirsak yg tua warnany hijau tua,10lembar direbus pke3 gelas air sampai tersisa 1 gelas,minum 3x sehari….insya alloh sembuh,,jngan lupa doa….

  23. dr. Suyanto Sidik Sp.PD yang baik hati.

    terima kasih saya atas info2nya. Pasti sangat berguna bagi pengetahuan masyarakat. Tuhan memberkati.

  24. dr. Suyanto Sidik Sp.PD yang baik.
    Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat. Ada satu yang saya cukup bingung. Saya terkena Asam Urat (7,4). Saya dilarang untuk memakan sayur2an yang berwarna hijau dan kacang2an. Jadi untuk asupan dari sayuran saya dapatkan dari mana?
    Terima kasih.
    Erick

  25. sy seorang mahasiswa s1 farmasi, sementara ingin meneliti tentang bagaimana penurunan kadar kolesterol dalam darah dengan penggunaan bahan alam. menurut anda bagaimana mekanisme kerja penurunan kadar kolesterol darah dengan penggunaan bahan alam tersebut

  26. Dr. Suyanto Sidik Sp.PD yang baik.
    Infonya sangat bermanfaat, ada hal yang tidak saya mengerti, mungkin dokter sudah menyelidiki kasiat dari air rebusan buah apel hijau( apel Malang), karena setelah saya meminum tiga kali kok mampu menurunkan gula darah sesaat dari 134 menjadi 67, terus badan menjadi lemas.

  27. Makasih Pak Bambang atas infonya yg sangat berguna.

  28. Saya pernah check darah dan cek urine serta foto rontgen 1 thn yll. dari situ kadar kolestero normal, tapi asam urat normal tinggi. tetapi skrng stlh habis olahraga sering kesemutan dan kata instrukturnya itu tanda kolesterol kita di atas normal.saya takut mengkonsumsi makanan yg salah sehingga bisa meningkatkan kadar keduanya.Mohon dijelaskan makanan, sayuran dan buah2an apa saja yang aman supaya kadar asam urat dan kolesterolnya tidak tinggi?..terimakasih sblmnya atas jawabnnya. Semoga berkah buat semuanya….

  29. trm ksaih informasinya, sangat membantu sekali untuk materi kuliah saya

  30. Setelah chek up, ketahuan kolesterol saya tinggi . . tercatat 163, bagaimana ini memang normalnya berapa ya, sementara saya membutuhkan informasi tentang penurunan koresterol, dan trnyata baru saat ini saya nemu info ini disini, trima kasih, akan saya coba mempraktekkannya ! saluut

  31. apa bisa dihubungkan artikel ini dengan hipertensi ?
    kl bisa dihubungkan, apa saya bisa tau dimana ? lalu bagaimana hubungannya dengan trigiseride ?
    thanks before pak….

    best regard
    naya

  32. tks. infonya dok, penjelasannya sangat gambalang dan jelasssss, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, tapi saya ingin tau apakah daging kambing mengandung banyak kolestrol dan apakah berbahaya bagi penderita hypertensi

  33. Trims informasinya, saya sangat gemar makan sate dan gulai kambing, tapi semenjak dokter menvonis saya sebagai penderita Hypertensi, maka saya menjadi takut makan sate & gulai kambing, maka saya juga ingin menanyakan tentang daging kambing seperti yang ditanyakan oleh Bpk Muchlis, thank’s before

  34. Dear Dr…

    Thanks utk infonya
    semoga Kita bisa hidup sehat..
    2 pertanyaan lanjutan : stress bisakah mempengaruhi kolesterol tinggi ?

    saya lg dalam medication (during 3 years) dgn konsumsi obat2an, adakah itu bisa mempengaruhi ?

  35. Infonya sangatnya bermanfaat bagi saya yang sedang kebingungan mencari makanan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol saya, thanks a lot

  36. thanks tuk infonya
    semoga kita slalu diberi sehat

  37. terima kasih atas infonya…
    semoga dikarunia dengan kekayaan ilmu yang berlimpah, sehingga dapat trus di’share’

  38. thanx ya, saangat bermanfaat bagi saya

  39. Terimakasih atas info yang diberikan, sehingga semua ini mendapat manfaat buat keluarga kami maupun seluruh masyarakat yang membutuhkan informasi, mengingat masih banyak masyarakat yang sedikit tahu tentang faktor penyebab dan cara penanggulangannya.

  40. Thanks berat.
    Semoga informasi dr Bapak bs memotivasi saya untuk menjalankan terapi dgn olahraga dan mengkonsumsi makanan yg benar untuk menurunkan kolesterol saya yg lumayan tinggi, 300. iiih… Rasanya di leher tegang terus…jadi takut tiba2 strooke…. Semoga ga kejadian.

  41. Terima kasih Pak atas infonya, Saya punya darah tinggi dan kolesterol saya sudah mengkonsumsi daun seledri.

    • trima kasih atas infonya,saya juga punya penyakit darah tingi dan kolesterol sya akan mulai,mengkonsumsi daun seledri ,,trima kasih,,,pakmin ponorogo

  42. Terima kasih atas info-info yang telah disampaikan, kiranya info ini berguna bagi siapa saja yang peduli akan kesehatan, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke yang saat ini menjadi penyakit yang membuat kematian mendadak. Paling tidak menjadi peringatan awal dan menjaga pola hidup sehari-hari dalam memilih makanan yang sehat tanpa berlebihan.

  43. Terima Kasih infonya. saya hari ini baru cek kolesterol saya sudah 285.. terasa sering sakit kepala.
    kalo donor darah, apakah bisa turunin kolesterol juga? ada hubungannya gak?

  44. makasih untuk infonya pak……!
    kolesterol saya juga tinggi…. jadi artikel ini banyak membantu saya untuk mengatur pola makan saya !

  45. Thx bgt ya..

    jadi tau duech ternyta bleuberry bisa cegah serangan jantung

  46. Pak, statement: Hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi.
    Contoh: jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.
    Pertanyaan saya: Apakah hubungan antara gula dengan minyak, lemak dan kolesterol ?

  47. trimakasih atas infonya <lha klo biar cepet trun kolestrole gimana ya pak soale saya mau tes kesehatan?tlong jawab ya pak soale tese sebulan lagi trim

  48. pak untoro,

    Info tambahan saja, berdasarkan pengujian yg dilakukan di Stanford University Medical School, fakta bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol ternyata tidak terbukti sama sekali.

  49. Thanks banget Pak atas infonya,

    Bagaimana pak solusinya kalau kadar asam urat dan kolesterol sama-2 tinggi, untuk menurunkan asam urat dokter (saat saya berobat) menyarankan untuk mengurangi mengkomsumsi sayuran yang berwarna hijau, disatu sisi (menurut Bapak) sayuran dapat menurunkan kadar kolesterol. Lha terus bangaimana Pak ?

  50. saya umur 40 Th, kolesterol tinggi, disarankan dokter mengurangi makanan berlemak dan dianjurkan makanan yang terbuat dari biji2an seperti tempe tahu dll. Koles memang turun meski masih diatas normal, tapi efek lain asam urat jadi tinggi. Gimana ini pak Bambang? Makasih infonya sangat memmbantu.

  51. thx ats info na…
    aq kolesterol tinggi jg, umur q 16 thn.
    =D

    oy, kalau mie boleh ga?
    n sayur2 yang dianjurkan apa aj??

    tolong djawab y…

    thx,,

  52. Apa ciri – ciri dari orang yang terkena kolesterol ?
    lalu bagaimana bila yang terkena kolesterol adalah ibu yang hamil atau menyusui ?

  53. [...] February 28, 2008 Posted by nanonina in Love. trackback Aa’ ada bacaan bagus.. HARUS BACA [...]

  54. [...] February 29, 2008 Posted by nanonina in health. trackback Aa’ ada bacaan bagus.. HARUS BACA [...]

  55. hubungan hypertensi ma kolestero ???

  56. Terima kasih ats infonya pak!Sy mau tanya tentang obat penurun kolesterol jenis Lipitor apakah sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol?

    • kalau saya minum obat lipitor boleh ga saya minum obat tradisional seperti teh dau salam atau daun sirsak

  57. Teruslah berbagi pada situs ini, sebab keberadaan situs ini besar manfaatnya bagi masyarakat.terima kasih.semoga

  58. Pak Bambang,

    Pada bulan Feb kemarin saya di melakukan medical check up dari perusahaan dan hasilnya di ketahui bahwa kadar kolesterol saya 290mg/dl. Saya sempet kaget dan tidak percaya dan ingin melakukan tes ulang. Tapi semenjak itu saya sering pusing (seperti vertigo), leher belakang saya agak sakit dan berat badan saya naik secara drastis. Kata teman saya itu salah satu gejala orang yang mempunyai kolesterol tinggi. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah ini ada hubungannya dengan orang yang mempunyai penyakit batu empedu karena sebelum ini saya mempuyai penyakit batu empedu dan saat ini masih dalam perawatan penyembuhan…?
    Saya tunggu pencerahannya, terima kasih.

  59. Apa sh hubungannya kolesterol dengan maag?

  60. Thank’s artikel bagusnya pak. Bagaimana dengan triglycerides? Bisakah bapak memberi informasi bagaimana cara menurunkan triglycerides.

  61. Terima kasih banyak atas artikel yang bagus ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

  62. pak dr.
    saya mau minta saran saya berkoleterol tinngi 167 % dan asam urat saya 6.10 yang mau saya tanyakan apa makanan yang di larang ? dan apa makanan yang harus saya konsumsi ? trima kasih sebelumnya dr.

  63. [...] ada bacaan bagus.. HARUS BACA [...]

  64. KEPADA SEMUA PIHAK TOLONG SAYA, SAAT INI KOLESTEROL TERUTAMA TRIGLISERIDA SAYA TINGGI, KEPALA CEKOT-CEKOT, PUSING DAN SENGGOYORAN, BAGAIMANA CARA MENURUNKAN DENGAN CEPAT DAN AMAN TRIMAKASIH.

    • persis yang saya alami dan sudah saya usahakan kemana-mana hampir 2,5 tahun seperti itu dan alhadulillah setelah saya konsumsi minyak zaitun ternyata hasilnya sangat memuaskan, pegal di punggung hilang tidak sengoyoran lagi pusing pusing juga sembuh.

  65. Terima kasih Artikelnya Dok.
    Kolesterol saya sangat tinngi,tiap tahun ada kenaikan,saya akan coba dgn Terapi bawang putih,Teh,tempe,Apel.Krn menurut saya masih mudah.Pertanyaan saya :
    Apa saya bisa menggunakan terapi tsb bersamaan dalam 1 x makan?
    Apakah sereal Coaker Oat dpt menurunkan kolesterol tubuh?
    Trims jawabanya,

  66. Pak, saya mau tanya, berdasarkan buku yang saya baca, kecepatan produksi kolesterol akan meningkat saat kita berpuasa, apakah itu benar Pak? Bagaimana penjelasan ilmiahnya? terimakasih….

  67. Terima kasih pak buat info yang sangat penting ini,info ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan say serta dapat saya bagikan untuk orang-orang di sekitar saya,,,,,,,,,,thanks,,,,sukses selalu pak.

  68. wes makasih banget ya..tips yang menarik..om bagaimana ciri orang yang kolesterol tinggi ya..? ato paling gak tanda-tandanya om..makasih..salam kenal..kalo ada krm ke shutbox saya..nova-retro.blogspot.com

  69. Wah .. keliatan nya seru topiknya ..
    Mama saya baru ketahuan kolesterol tinggi berbarengan dengan diabetes yang juga tinggi. Sekarang mulai diet pola makan, dan artikel dokter sangat membantu dalam mengatur bahan bahan makanan yang diijinkan untuk dikonsumsi. Mohon saran Pak, bila kolesterol berbarengan dengan diabetes ini, ada ada special advise untuk menrunkan keduanya berbarengan?
    Thanks pak dokter

  70. terimakasih banyak ya pak atas infonya…
    sangat bermanfaat sekali buat saya

  71. Terimakasih atas infonya Pak. jadi bagaimana kalau apelnya dimakan tnpa kulit apakah masih bagus untuk menurunkan kadar kolesterol? dan Anggur bagusnya dimakan dengan kulitnya juga ya?

  72. Artikelnya bagus, bisa minta tolong kirim ke e-mail saya tentang Diet untuk penderita kolesterol, dan daftar kandungan kolestrol berbagai tingkatan jenis makanan.

    Trims

    Efha

  73. kolesterol ibu saia meningkat, jadi saia browse inet. makasi yah om,, insyaAllah petunjuk2e smpeyan tak coba dweh . . . . .

    ^_^

  74. artikel ini sangat bermanfaat , tolong pak Dokter kirim saya cara diet yang baik untuk menurunkan koleterol dan trigleseride

  75. apakah kolesterol ada hubungannya dengan batu empedu…??
    jawab segera//..
    terima kasih/…!!!

  76. kolesterol saya 249, bahaya gak pak dokter.? hdl 67.2 ldl.146.1, asam urat 3.5. pantangannya apa aja ya.?

  77. kolesterol saya 249, bahaya gak pak dokter.?
    hdl 67.2, ldl 146.1, asam urat 3.5
    pantangannya apa aja ya.?

  78. terima kasih banget yang nulis artikel ini, sangat mbantu bagi sodara kita yang kolerterol & trigliserida tinggi. saya sdh semingguan kepala sering pusing bagian belakang terutama jika telat makan siang. akhirnya kebiasaan donor saya yang terhenti setelah 35 x sejak januari 2007 saya lanjutkan lagi. tapi niat saya DITOLAK karena tekanan darah 140/100. besoknya DITOLAK lagi karena 150/90. setelah di cek lab kolesterol 267 dan trigliserida 411. dengan mengkonsumsi belimbing dan alpukat sesuai petunjuk akhirnya bisa donor lagi.

  79. tolong juga pak apakah menurunkan kolestrol juga bisa sama dengan menurunkan berat badan?terimaksih

  80. terimaksih infonya kebetulan saya sedang mencari makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol untuk suami saya yang kolesterolnya 273 mg/dl. uraian ini akan saya terapkan untuk menu makannya sehari-hari

    • kolestrol ldl saya 175 bisa turunkan dengan makan dan minum obat apa pak

  81. Gw juga bernasib sama seperti kalian. LDL gw 200, dan yg lain normal tapi total kolesterol gw 269. Kenapa gw jd agak stress… awalnya gw main futsal n tiba-tiba jadi pusing…. gw fikir itu biasa aja tp ternyata dah hampir 1 bulan kadang-kadang kepala terasa tebal… terutama kalo habis makan gorengan. Ini menggangu sekali aktivitas gw sehari-hari yg aktif, gw dah coba minum omega tapi kelihatannya belum ada perubahan… terutama kalo sudah beraktifitas… tapi belakangan dah mulai better.. dengan cara di bekam, olah raga, minum rosella tea, temulawak n seledri… doakan ya .. sebulan lagi gw mo cek kalo memang terbukti berhasil.. aku info dech, penanggulangan, antisipasi dan pengobatan terhadap kolesterol ini….

  82. terima kasih atas infonya pak, sy sebagai orang yg tinggi akan kolesterol dan trigliserida, jenis makanan apa yg sangat baik ut dikonsumsi, krn konon tg dalam darah tidak dapat larut!
    ridwan

  83. Terima Kasih atas semua infonya….

  84. hallo dok, makasih banyak ya atas info yang dokter berikan, aq akan print dan tempel di mading agar warga daerah aq bisa baca n bisa coba apa yang dokter sarankan.
    oh iya dok apakah nanas bisa mengurangi kolesterol ?
    makasih ya dok

  85. insyaAllah akan saya coba saran-sarannya untuk proses penyembuhan adek dehyah semoga adek dehyah cepet sembuh Amiiin…

  86. dok makasih ilmunya saya mau tanya pa sich sebenarnya tanda n bahaya kolesterol gmn menyikapinya.

  87. Artikelnya bagus, bisa minta tolong kirim ke e-mail saya tentang Diet untuk penderita kolesterol, dan daftar kandungan kolestrol berbagai tingkatan jenis makanan.

  88. Sangat bermanfaat.
    Mudah2an memberi rahmat dan berkah pada bulan Ramadhan ini pada dokter
    Terimakasih

  89. klo saya liat dari beberapa pertanyaan diatas hanya makanan2 yang tidak boleh dikonsumsi oleh yang py penyakit kolesterol.yang mau sy tanyakan jenis minuman yang tidak boleh diminum oleh penderita kolesterol?tks

  90. makasih pak………mudah2an ayah saya bisa sembuh dr sakitnya…….amiiinnnnn……..

  91. terima kasih atas segala infonya sehingga saya dapat membantu ayah saya dalam mengatasi penyakitnya. karena selama ini dia sudah frustasi akan penyakitnya yang gak bisa sembuh.

  92. info nya lengkap dan bagus..

    terimakasih sangat bermanfaat.

  93. thanks atas infonya sangat bermanfat sehingga kami dpat mengetahui dengan jelas bagaimana cara mengurangi resiko terkena strok

  94. makasih mr ” kolestrol ”
    sangat membantu usaha saya dalam menurunkan kolestrol ….
    hasil medical check up ….kolestrol saya dicatat sebagai hyperkolestrol …kategori waspada …diatas normal ….mudah2 an info diatas dapat saya pakai sebagai referensi menurunkan kolestrol ..selamat berjuang semoga sukses …..
    ck ck ck

  95. trims atas info mengenai kolesterol ini. ini akan aku jadikan referensi bagi penyembuhan kolesterol mamaku. thank bgt….

  96. maturnuwun…inpona…..

  97. trims atas info tentang makanan dan buah2an yang bermamfaat dalam menurunkan kolesterol, semoga banyak bermamfaat bagi semua orang

  98. dicopy ya pak,,,buat babe ane

  99. terima kasih info tentang kolesterol baik pantangan maupun anjurannya, mau tanya sedikit, “apakah iken kering / ikan asin dapat menurunkan kadar kolesterol juga”
    salam hormat

  100. Artikel cara menurunkan kolesterol sangat membantu sy memahami kolesterol. Maklum dua kali check up kolesterolnya tetap bertengger diatas 200, padahal sudah pakai obat, jauhi yang mengandung lemak termasuk daging plus olah raga. Terima kasih banyak..!

  101. terima kasih atas infonya, saya cenderung mempunyai kadar lemak jahat yang melebihi batas normal, tetapi juga tekanan darah saya cenderung rendah. Dengan menkonsumsi bawang putih dengan tujuan menurunkan kadar kolesterol dalam darah apakah tidak dapat menyebabkan tekanan darah semakin turun. Mohon informasinya. Terima kasih sekali lagi Pak.

  102. Bener2 informasi baru yang bagus dan baru saya dengar, untuk tambahan. Paman saya pernah sarankan untuk minum rebusan serai dan daun salam untuk menurunkan secara cepat kolesterol. smoga bermanfaat.

  103. stressssssss
    kolesterol gw tinggi bT

  104. Terima kasih bapak Untoro….
    semoga informasi yang bapak berikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol saya…
    smoga bapak selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT
    AMIN……….

  105. terima kasih Bapak Untoro, semoga informasi yang bapak berikan dapat berguna bagi saya khususnya dan bagi umat manusia umumnya

  106. Pak mau nanya nih…
    hubungan antara asam urat, kolesterol, dan stroke. apakah semuanya itu berkaitan??
    terus apakah terlalu banyak pikiran juga berpengaruh pada proses perkembangan pemyakit itu sendiri ???
    sebelumnya terima kasih

  107. Informasi Bapak sangat membantu untuk menjalani kehidupan ke arah yang lebih baik. Saya mau tanya Pak, apakah dengan gejala jari tangan sering “Kesemutan” merupakan salah satu ciri kelebihan kolesterol LDL? Terimakasih banyak atas penjelasan Bapak.

  108. Dengan dimuatnya artikel Makanan dan Minuman Penurun Kolestrol, mudah2an akan bermanfaat kepada kita semua

  109. terima kasih pak,atas saran dan infonya.mudah mudah saya dapat melaksanakan saran semudah saya membacanya.anyway thx ini sangat membantu untuk kita mulai berpikir untuk makan sembarangan

  110. ibu saya di diagnosa punya kolesterol tinggi, asam urat dan tekanan darah tinggi… apakah jenis2 makanan dan minuman penurun kolesterol bisa digunakan untuk asam urat dan hipertensi ????
    thanks sebelumnya……..

  111. terima kasih atas info yang tlah diberikan kpd saya. tapi ada sesuatu yang masih saya belum ketahui.apakah kolesterol itu hanya ada pd orang yang gemuk?
    apakah pada orang yang kurus bisa terkena koresterol juga?

  112. minum air putih yg banyak apa bisa menurunkan kolestrol?tolong balas di email saya trimakasih

  113. terima kasih atas infonya, saya mau nanya gimana cara mengukur kolesterol kita sendiri dengan tidak mengunaka alat apapun. dan bagaimana mengontrol kolesterol dalam tubuh

  114. informasinya ngebantu banget buat aku yang lagi bingung..
    stelah dicoba sebulan, kolesterol ayah yang tadinya >500 sekarang berkurang!!!
    ayah juga lebih seger, well at least udah bisa pake sepatu tanpa harus bersusahpayah dulu,,
    ^o^

  115. Kalau TRIGLISERID nya tinggi ,gimana cara menurunkannya pak.? harus banyak makan apa..
    atau harus bagaimana?

  116. terima kasih infonya. 2 thn yg lalu saya pernah periksa darah, hasilnya menunjukkan kadar kolesterol saya 370. sejak saat itu saya tdk pernah kontrol lagi. sekarang ini saya mengalami keluhan :
    1. persendian tangan saya sakit pada saat saya gerakkan ke arah samping
    2. ketika saya duduk agak lama, bagian belakang kepala saya sampai ke pinggul seperti kesemutan.

    apakah ini juga pengaruh tingginya kadar kolesterol saya?

  117. thank for your information.

  118. Terima kasih banyak infonya pak” Kolesterol saya termasuk tinggi & dianjurkan teman untuk mengkonsumsi kafsul minyak ikan omega 3 serta makan bawang putih lanang (tunggal).
    Mohon masukan dari bapak tentang tersebut diatas.
    Tq

  119. makasi bnyk ni infonya, semoga yg beri info dapt amal yang setimpaldari allah SWT. Amien…

  120. sekarang ada makanan organik yang sangat aman dan efektif untuk mengontrol kolesterol kita.. melilea greenfield organik, produk ini sangan aman dan luar biasa, selain untuk kolesterol, saya sudah membuktikan sendiri untuk hipertensi saya, kolesterol saya turun dari 250 menjadi 170, dan tekanan darah saya yang biasa 150/100 sekarang antara 120/80an, sungguh menakjubkan, padahal saya sebelumnya selalu menkonsumsi obat hipertensi. info lengkap silahkan kunjungo organiklifestyle.wordpress.com

  121. trimsss,ya tips nya membantu untuk mengurangi kolesteror papa.

  122. terimakasih sekali infonya tentang kolesterol. tapi sebenarnya apa memang bisa orang yang usia dibawah 35 tahun bisa punya kolesterol yang tinggi. dan sebenarnya keluhan yang bisa dirasakan pertama kali oleh penderita kolesterol itu apa ya????o ya..kalau ingin tahu info mengenai pendidikan boleh kunjungi blog saya. http : //alkhawarizmy.wordpress.com. terimakasih.

  123. terima kasih atas info yang bapak berikan semoga semua orang yang terkena penyakit ini dapat memilih – milih makanan mana yang baik ……… dan jangan lupa kurangi wisata kulinernya ya……

  124. mohon informasi,kalau trigliserid saya 530, apa yg hars sy makan ,spy bisa normal lag pak, trams sebelumnya.

  125. maksie ya pak buat infonya, sangat membantu saya yang sekarang sdg berjuang menurunkan kolesterol. kemaren baru chek dan kolesterol saya 240, dari banyak artikel yg saya baca efek dari kolesterol tu sering pusing, tapi yang saya alami kok malah kaki yang sakit ya…, apa emang ada pengaruh juga ya ke kaki?

  126. terima kasih atas informasinya . ibu saya lagi sakit kolestrol dan kini sudah sembuh sekali lagi terima kasih ya pak !!!

  127. barangsiapa yang mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain maka pahala orang yang beramal akan ilmu dia itu akan sampai pada orang yang mengajar walaupun dia telah meninggal dunia.termasuklah ilmu dunia

  128. trims

  129. terima kasih bnyk untuk semua info’nya,,sangat berguna bgt

  130. good idea for good man

  131. saya ingin bertanya…
    ibu saya menderita kolesterol jantung dan hipertensi jadi saya ingin tahu diit atau makanan yang baik untuk mencegah kekambuhan dari penyakit ibu saya terima kasih sebelumnya

  132. SEHAT DENGAN SERAT KULIT ARI BERAS(RICE BRAN)
    Salah satu kandungan tinggi pada bekatul/ kulit ari beras adalah vitamin B15. Vitamin ini sanggup mengoptimalkan kerja aneka organ tubuh. Gangguan jantung, kelenjar gondok, darah tinggi, dan sejumlah penyakit lain pun bisa diatasi.
    Secara tradisional digunakan untuk:

    1. Membantu membentuk tubuh yang ideal
    2. Menjaga dan mengendalikan berat badan
    3. Memperbaiki dan memelihara kecantikan kulit,
    4. Memelihara sistem pencernaan,
    5. Membantu melancarkan sistem pembuangan kotoran
    6. Mencegah sembelit,
    7. Mengendalikan nafsu makan.
    8. Membantu mengendalikan kadar lipid / kolesterol jahat di dalam darah, karena sifat fiber yang menghambat penyerapan lemak/kolesterol jahat di usus.

    Info selanjutnya lebih lengkap tentang rice bran bisa anda dapatkan di
    http://www.seratalami.com

  133. Saya baru berumur 29 Tahun.Tinggi 172 cm dan BB 56,5 Kg. Punya riwayat batu ginjal (pernah oprasi pengangkatan batu/dibedah). Sekarang total kolesterol saya juga tinggi yaitu 248, tensi juga cenderung naik yaitu 140/90. Saya sekarang jadi panik. Nafsu makan mendadak hilang. Apakah makanan untuk menurunkan kadar kolesterol juga baik untuk penderita hipertensi dan batu ginjal. Mohon pencerahan.
    Terima kasih

  134. umur saya 19 tahun tinggi 163 berat 58 bagaimana caranya supaya berat saya bisa jadi 53 tiap nari saya berolahraga lebih dari 20 menit….makanan dan minuman apa yang perlu saya hindari?

  135. ikut nampang DISTRIBUTOR ALAT LABORATORIUM KESEHATAN jual alat gula darah murah untuk test gula darah , asam urat dan cholesterol dalam 1 alat , murah , praktis, akurat dan cepat dengan alat nesco multicheck 3in1,
    kunjungi http://www.cytomedical.com
    Beberapa produk cytomedical
    TENSIMETER

  136. Makasih atas infonya
    saya jadi lbh paham dan lbh mgerti arti ksehatan saya dan kluarga

  137. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    terima kasih atas infonya ini sangat bermanfaat bagi saya
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  138. Terma kasih Atas infonya, Saya mau tanya kalau dapat fasilitas penghitung visitor gimana caranya, Terima kasih…

  139. terima kasih atas infonya ini sangat bermanfaat,bagi saya.

  140. Terima kasih informasinya. Saya akan sampaikan juga kepada ibu-ibu PKK di lingkungan saya atau kepada ibu-ibu darma wanita. Pasti ibu-ibu seneng sekali. Bukankah ibu-ibu adalah orang pertama yang akan meneruskan kepada putra putrinya sebagai generasi pengganti kita kelak ? Jika putra-putri kita sehat, maka generasi yang akan datang adalah gernerasi yang kuat. Selain itu, berbagi ilmu kan tidak ada jeleknya to ? Sekali lagi terima kasih…

  141. terima kasih atas informasi kolestrol,saya bisa jadi tau untuk menurunkan kolestrol

  142. Ass.,

    pak.,umur saya 16 th,tinggi 158 dan berat bdan 53kg..brat yg s’imbang dgn umur saya hrs brpa pak??

    terima kasih..

  143. Pak ada info bagus,
    Sekarang sdh ada kapsul bawang putih tunggal untuk mengatasi kolesterol.
    Silahkan klik link di bawah ini,
    http://herbaku.wordpress.com/2009/02/19/garlic-sole/
    Bisa pesan melalui 081804429493

  144. trims atas infonya, tp apa bisa makanan yg mengandung obat menurunkan kolesterol bisa juga menurunkan asam urat dan darah tinggi?

  145. terimakasih atas infonya hal ini sangat membantu saya, kalau ada info tentang penyempitan pembuluh darah di mana yaa?

  146. tks atas artikel yg sangat bagus ini.teruskan untuk jenis penyakit lain misal tekanan darah tinggi dgn cara menjaganya.
    atau yg lain.

  147. askum.wr.wb
    dok,saya mahasiswa kediri,mo bertanya knp saya sering pusing,rasa kantuk yang berlebihan,serta badan terasa lemas?knp ya dok??apa saya terserang kolestrol tinggi?

  148. umur saya 32th, BB 50kg, TB 157cm, 3 bl yl as.urat sy sempat tinggi, 6,2, kolesterol 132. Seminggu yl telapak kaki kiri terutama dibwh jempol sakit, sy tes lab hslnya as.urat 1,4 dan kolesterol 215, mohon petunjuk dokter bgm dietnya, trims sebelumnya

  149. ibu saya sedang terkena kolesterol dan hypertensi.badan ibu saya juga sedikit gemuk.sering sekali ibu saya mengeluh pusing dan ga bisa tidur alias insomnia.solusi pengobatannya gmn ya..??

  150. Thanks for infonya ya…..

    Belum lama ini… Bapak saya test darah….. dan ternyata LDLnya tinggi, selain sayur2an yang direbus dan disayur bening… sebagai pengganti minyak goreng yg bagus apa ya ??? bosan juga yah kalo musti makan sayur rebus terus…..

    thanks ya 4 jawabannya :)

  151. terimaksih infonya
    lain kali kirim lagi ya tips sehat yang lainnya

  152. Syukron katsir ya akhi

  153. thanks atas informasinya.saya mw nanya tips tersebut bisa tidak untukmenurunkan darah tinggi????oya,boleh tidak orang yang darah tinggi minum susu???tolong di balas yah

  154. Thanks for your information, good information .ok

  155. makasi bgt…
    benar2 bermanfaat
    hehehe….
    dengan info ini semoga kita bisa selalu sehat…

  156. Wah bagus banget pak infonya… saya kopi di blog saya ya pak,untuk info kepada yang membutuhkan…

  157. berguna sekali, buat ibu saya,,,trimakasi,trimakasih dan trimakasih.

  158. trimakasih atas infonya.dari sekian menu makanan,menu apa yang sesuai bagi penderita kolesterol dan kencing manis?

  159. Alhamdullilah atas infonya
    Semoga amal baiknya di balas Allah

    Ini sangat bermanfaat bagi semua orang

    Wassalam,

  160. Thanks infonya, bisa untuk pengobatan bagi penderita kolesterol juga pencegahan buat saya & keluarga. Bisa dong ditambahkan info untuk penyakit2 yg lain.

  161. thanks infonya, semoga dapat diterapkan buat semua orang Tuhan selalu melindungi

  162. terimakasi atas tip dari dokter.

  163. Terimakasih atas ilmu pengetahuan kesehatan yang anda berikan, ini sangat bermanfaat,

  164. Mkasih bykDokter, atas infonya, kebetulan saya baru habis cek up karenesuka pusing2, hasil LDL 134, total kolesterol 207 (apa itu sudah termasuk tinggi Pak??) . Sama dokternya saya dikasih: ( simvastatin 10 mg utk kolesterol dan trombo Aspilets katanya untuk pengencer darah)..Makasih sebelumnya utk jawabannya…..

  165. mudah2 kolestrolnya bisa turun sedikit dm sedikit asal menjaga mknnan yg mengandung lemak dan yg penting olah raga no 1 dan jng lupa minum juice buah2an.slmt mencoba!!!!

  166. selama ini saya salah duga tentang tempe, mulai sekarang tempe akan aku makan…… karna skarng kolesterol ku agak tinggi.tapi kalo soal gorengan, aku masih makan….. tp akan aku kurangi. faforit gitu loh……

  167. da darling ,unta

  168. thank for u information….

  169. Makasih ya om atas informasinya cuman saya memang sering tidak disiplin.

  170. athanks a lot, saya jadi tau nich. Apa ada tabel makanan n minuman yang mengandung kolesterol?

  171. thanks a lot…mksh bgt y…
    couz aq butuh banget informasi kaya gene..buat mama q…hehe…

  172. Informasi yang sangat berharga, khususnya tuk saya pribadi. Pesen tuk angkatan 40-an, perbanyaklah makan makanan yang berserat dan konsumsi ikan segar. Yang paling pueenting adalah ” J A M U ” alias Jaga Mulut. Jangan makan sebarangan.

  173. Terima kasih sudah mau berbagi…

  174. Makasih untuk infonya..
    Belakangan kondisi saya memang kurang bagus. Setelah saya tanya2 teman sekantor, saya jadi khawatir juga terkena kolesterol. Memang benar bahwa kolesterol itu tidak hanya menjadi penyakit bagi manula, tapi kita yang masih muda pun harus tetap waspada. Pola makan yang kurang baik bisa menjadi awal penyebab timbulnya kolesterol. Apalagi bagi teman2 perantau, ayo sama2 kita cegah atau paling tidak kita minimalisir kadar kolesterol dalam tubuh kita dari sekarang!!

  175. Makaci inponya boss

  176. terima kasih banyak infonya sangat membantu dalam menambaha kamus ilmu pengehuan tentang kolesterol.

  177. penyakit saya sering kesemutan dan persendian pegal dan kaku ketika bangun tidur setelah cek darah kolesterol saya 245 setelah dikasih dokter obat simvastatin 10mg untuk penurun kolesterol perut saya terasa mual dan mau muntah jadi obat terpaksa saya hentikan.
    Saya sangat berterima kasih atas informasinya mengenai makanan yang dapat menurunkan kolesterol semoga dengan ini dapat menurunkan kadar kolesterol saya.

  178. mkasih infox….. mr. kolestrol

  179. thx akeh infonya….membuka cakrawala per kolesterol an….

  180. Usia sy 52 th.kolesterol saya 280,saya minum lipitor dari dokter dan minum teh rosela,dalam 2 minggu kolesterol sy turun menjadi 150,setelah berhenti minum obat selama 3 bln kolesterol saya naik lagi ke semula,terima kasih sekali atas artikel di atas,mudah mudahan bisa membantu dlm program diet sy berikutnya.

  181. saya sangat senang banget baca info ini karena saya bisa ambil tindakan preventiv dari bahaya kolesterol.. selama ini saya agak pusing dan pegal,migrain,kesemutan kata teman2 kolesterol saya agak tinggi sekali lagi makasih artikelnya

  182. Saya sudah sering baca mengenai penyakit kolesterol dan penangannya, tapi kok saya belum menemukan(mungkin saya kurang teliti membacanya) yang berpenyakit Kolesterol bersama Tekanan Darah Rendah, ya?
    Karena saya mempunyai kedua penyakit tsb di dalam tubuh saya dan ini sangat tidak enak karena sewaktu saya turun tensinya, saya membutuhkan minimal daging kambing untuk mempercepat naiknya tensi saya, yg mana ini menaikkan nilai Kolesterol saya.
    Selama ini sering sekali tensi saya turun sehingga bisa dikatakan Kolesterol saya selalu melambung tinggi.
    Mohon masukan untuk ini.
    Thank u,

  183. penyakit saya sm am yuanita, kolesterol dan darah rendah. muhon bantuannya, thanks

  184. Terima kasih informasinya

  185. saya berdasarkan hasil lab kolest:255,asam urat 7.0,tangan saya sudah 2 minggu nyeri,semutan (hanya tangan kiri saja)…saran dari dokter apa yang harus saya lakukan….terimakasih

  186. Trims, infonya. Saya mohon ijin copy untuk kalangan sendiri.

  187. Trims atas infonya

  188. pak terima kasih atas artikel ini. Tapi saya mau menanyakan lagi mengenai istilah gorengan ?? Yang dimaksud gorengan apakah jika ada anjuran mengurangi gorengan maksudnya semua lauk yang di goreng ?( tempe goreng, tahu goreng,ayam goreng dll??) apakah gorengan yang dijual di jalanan??
    Mohon kirim via email pak.Terima kasih.

  189. informasi ini sangat bermanfaat sekali buat saya,terima kasih . cuma ada pertanyaan yg saya ajukan. bagaimana cara mengurangi berat badan utk usia 55th.kaki capai rasanya n kadang2 pusing.juga kalau mau olah raga kaki sakit.terutama lutut n pergelangan kaki kanan duduk agak lama bengkak.lutut utk naik tangga kadang2 nyeri.sekarang baru menjalani rehabili di dilutut disuntik sebanyak 5x.baru 4x saya jalani[seminggu 1x]yang mau saya tanyakan apa yg harus saya konsumsi n berat badan sekarang/90 kg.juga 3thn yll saya operasi diambil empedu nya . sekian n maaf juga mohon jawaban nyaterima kasih

  190. saya penderita kolesterol tinggi,terakhir saya checkup ke lab hasilnya kolesterol total saya 376,trigliserida 546, saya mohon petunjuk dr pa dokter kira2 makanan dan minuman apa yg cepat dpt membantu penurunan kolesterol dan trigliserida saya.usai saya 43 tahun.o ya selain itu gula darah saya juga naik menjadi 180 padahal saya tidak menyukai makanan dan minuman yg manis2 dan tidak ada faktor keturunan.saya mohon jawaban dan petunjuk dr p.dokter secepatnya. terima kasih saya ucapkan sebelumnya.

  191. Pak. Bambang
    kalau nurunin kolesterol jenis lipoprotein-a, apa obatnya ya pak. Saya sdh makan obat lipitor, makan buah2an dan sayur2an, mengurangi makan berminyak dan daging2an, tapi lipoprotein-a nya belum turun2.
    Tks
    Maudin

  192. Makasih’
    Info yang saya dapat mengenai Bawang Putih benar-benar terbukti mampu menurunkan kadar Kolesterol dalam darah, sebelumnya leher bagian belakang sering tegang saya kensumsi Bawang Putih 2 siung tiap hari walaupun tidak beraturan tapi benar-benar mampu menghilangkan tegang pada leher bagian belakang saya tadi,
    Makasi Infonya.

  193. Pak Bambang,
    Info yang saya dapat tentang kasiat Bawang Putih sudah terbukti pada diri saya Makasi Pak Bambang,
    saya mau tanya bagaimana caranya menghilangkan lingkaran Putih yang ada dalam bola Mata.
    Lingkaran putih itu katanya akibat Klesterol sedangkan Kolesterol saya sudah hilang sejak Konsumsi Bawang Putih.
    Makasi Sebelumnya Pak,.

  194. Pak, terima kasih sekali… saya baru menemukan website ini… mama saya terkena serangan kolesterol tinggi… website ini langsung saya praktekkan padanya… dokter tidak memberikan informasi mengenai makanan yang BOLEH dimakan ataupun cara menyajikannya.. dia hanya berikan apa yang TIDAK BOLEH…
    saya mau tanya..
    berarti, bila saya berikan daging ayam yang saya masak atau tim dengan minyak jagung, mama saya akan baik2 saja? kalo boleh tau, bagaimana cara menyajikan makanan untuk menghindari kolesterolnya naik? apa yang harus dilakukan?

    beribu terima kasih!

  195. Dear Pak Bambang,
    saya mau tanya, akhir-akhir ini, dada sebelah kanan, tepatya 1 jengkal dari leher kebahwa, kalau ditekan terasa nyeri, dan sering berdebar-debar, terus sering mual, apa itu gejala jantung ? soalnya pemerikasaan terkahir kolesterol agak tinggi, yang saya mau tanyakan, makanan/minuman apa untuk pencegahan sementara, sebelum saya cek ke dokter ?
    terimakasih

    Nino

  196. Artikel ini sangat bermanfaat bagi penderita atau yang sehat sebagai pencegahan.

  197. terima kasih atas informasi bagi kesehatan kita semua.semoga ilmu yang anda dapat terus dapat dibagikan orang banyak.semoga sukses selalu

  198. mohon di kirim daftar makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi maupun yang baik untuk dikonsumsi bagi penyandang kolesterol dalam darah,trimakasih.

  199. apaKaH kol ItU diMaraNG utK penDeriTa koMesterOl?????????

  200. apaKaH kol ItU dilaraNG utK penDeriTa koLesterOl?????????

  201. semoga kebaikan yang diberikan membawa kebaikan juga pada semua orang..amin

  202. Saya pernah mengalami kesemutan di tangan…saya khawatir apakah ini akibat tidak lancarnya pembuluh darah..atau semacam kolestrol…Lalu saya lakukan pengobatan sendiri dengan : MEMBUAT JUS KENCUR (SEGENGGAM) SEDIKIT SY TAMBAH DGN JAHE (SEBESAR IBU JARI) KEMUDIAN SAYA SARING DAN DICAMPUR MADU ATAU GULA JAWA……SECARA RUTIN…….(1 GELAS 1 HARI)…ALHAMDULILLAH SEMUTANNYA HILANG….DAN TUBUH TERASA SELALU SEGAR….LALU SAYA PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH “BERILAH RIDHOMU KETIKA SAYA SEHAT , DAN BERILAH OBATMU KETIKA SAYA SAKIT”…AMIN..YA ROBAL ALAMIN..

  203. Informasi yang sangat berguna Pak, Mudah2an dapat menbantu keluarga kami untuk menjaga kesehatan.

  204. apakah ada hubunganya kolesterol dengan hipertensi?dan DM?

  205. Trims atas informasinya. Semoga keterangan dokter menjadi amal baik. Amin.
    Saya berumur 45 th menderita hypertensi dan kolesterol total 289, LDL 210. Bagaimna caranya untuk menurunkan keduanya? Selain makanan yg sdh dokter inf.kan. Apakah obat yng aman untuk menurunkan kedua penyakit saya itu?
    Terima kasih atas jawaban dokter.

  206. bagaimana jika mata org yang mmlk pnykt kolestrl tinggi dapat berfungsi sbgmn mstinya? trkdag sngat mnggnggu dan mnybbkn pusing. padahal knsmsi makanan swjrnya dan cndrng diet..

  207. sy mohon bapak dpt membantu sy mbrkn penjlsn bgmn sy dpt sgr mnrnkn kolest,triglisrd,asam urat sy yg tinggi shg sy mrskn setiap hr kesemutan d k 2 tangan sy n tengkuk sy trs berat dan sy sakit maag jg, saat ini sy konsumsi simvastatin 20 mg n neurobion 5000 hanya malam mau tdr sj dan bawang putih 2 siung mkn siang n 2 siung mkn mlm mohon sy d berkn solusi tuk semua itu trima kasih

  208. terima kasih tas solusinya,,,ternyata benar..saya juga baru mnginjak usia 18th,,,tetapi kolesterol saya sudah tinggi…

  209. tahnks bgt atas semuanya

  210. thank bgt karena itu membuat saya menjadi mengerty

  211. Pak, kholesterolku tinggi 264, HDL 160, LDL 140,konsumsi makanan apa ya biar normal kembali selain minum obat,trimakasih infonya

  212. saya lakilaki berusia 47th, akhir akhir i ni saya merayakan badan yang tidak enak sprti, leher pagel pegal, kaki kesemutan dan kaki saya aga sedikit bemgkak. saat bangun tidur saya merasakan tumit yang sakit ketika dibawa jalan. tlng pak bagaimana cara menghilangkan gangguan ini semua dan makanan apa saja yang boleh saya makan. Trimakasih sebelumnya atas Tips yang di berikan.

  213. hai..hai..
    salam….terimakasih buat infony..
    kmaren abis cek darah lumayan kaget juga kalo pnya kolesterol tinggi..
    umur saya masih 22 th tp kadar kolesterol udah 285..
    agak parno jg sih..
    ada info bagus di link d bwh ini..
    smoga bs membantu…
    http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/83-tips-mengontrol-kolestrol.html#Tips

  214. saya berumur 42th, tensi saya 200 brat bdan saya 80 tggi saya 165,

    mau tanya,, sekiranya kalau saya ingin makan gorengan itu pakai minyak apa ya ??

    Masakan pa saja yang boleh saya makan ?

    Terima kasih,,

  215. wah info yg bagus.maju terus untuk infonya dan jangan sampai di sini saja…

  216. terima sekali tuk infonya mdh2an bisa menyembuhkan ortu saya……. ^_^

  217. Terima kasih atas informasinya pak…kami bersama istri tercinta sedang berusaha untuk bagaimana cara
    menghindari dan menurunkan kadar kolestrol yang jahat …Tks

  218. Terimakasih Pak Bambang atas info yang bermamfaat ini

  219. makasih sekali p bambang atas penjelasannya, karena ak sekarang ini dalam proses penyembuhan penyempitan pembuluh darah , dalam arti perlu memurunkan kadar kolesterol

  220. Terima kasih sekali infonya sangat bermanfaat, suami sy br terdeteksi kolesterol ( 270) sehingga info ini sangat saya butuhkan…

  221. terimakasih atas infonya
    saya dapat memilah dan memilih makanan yang sehat buat tubuh kita.
    lebih baik menjaga dan mencegah daripada mengobati…
    di tunggu infonya lagi ya….. ;)

  222. pak Bambang terima kasih artikel ini sangat informative. mau tanya pak apa benar minum air parutan labu siam diberi sedikit garam bisa menurunkan kolesterol tinggi? mohon informasinya. terima kasih dan salam, sri

  223. i’m about 40, thank you

  224. umur sy 33 th berat badan 56 tinggi 153, sy cek darah…gula darah 115, asam urat 5,4 dan colesterol 284….mohon informasi colesterolnya termasuk tinggi atau gmn dan mohon informasikan tentang diet yang tepat……..trims atas informasinya

  225. thank atas informasinya

  226. kolesterol saya 276 umur 36 tahun apakah sudah termasuk sangat tinggi pak? mohon informasinya!

  227. Alhamdulillah, terima kasih buat Bapak atas info yang sangat bermanfaat buat kami. Ma’af saya sangat membutuhkan informasi dari bapak tentang jenis makanan apa yang aman untuk kolesterol dan sekaligus aman buat asam urat, sebab saya kolesterol tinggi 200 dan asam urat 10,3. Terima kasih info sangat kami tunggu.

  228. artikel ini sungguh membantu kami untuk lebih waspada terhadap kolesterol

  229. Terima kasih atas infonya. minta izin ya untuk saya copas di FB saya dengan mencantumkan liknya, supaya banyak orang yang mengetahuinya

  230. aku mengidap penyakit colesterol baru umur 31th selain bwang putih apalgi yang bisa menurunkan colesterol cepat sembuh

  231. obatnya dari dokter apa yah yang bisa langsung menurunkan colesterol?karena tidur g enak g nyenyak kepala sakit,sdh d krembat masih juga sakit,badan aku g gemuk.tolong dong d beri petunjuk tolong kirim ke email saya agar sayan tidak tergantungan obat2 yang merusak lambung ama jantung harus minum rutin apa tiap hari?

  232. karena saya d cek 226 kepala sah sakit. sudah mandi air garem,tolong dong d bantu jalan solusinya karena keluarga saya tidak ada yang mengidap colesterol, saya memang kurang olah raga makan kuah berminyak seperti apa?jadi makan rutinitas hari hari apa agar g bosen d makan?saya sdh tidak minum sofdrink,g mkn garem,minuman alkohol berenti total. buah apel bila d makan kulitnya mengandung lilin?gmn mau d makan sama kulitnya?

  233. terima kasih banyak tentang informasi yang telah anda berikan, ini sangat berguna bagi saya yang memang menderita cholesterol saat ini. Bebrapa orang menyatakan bahwa ikan laut itu tidak baik dikonsumsi oleh penderita cholesterol, sedang ikan sungai atau air tawar tidak berbahaya, benarkah itu bapak?

  234. thanx for this information n explanation, so I can know about this desease n I will doing sport n eat with good meals.

  235. terima kasi pak atas informasinya.
    saran ini sangat berguna bagi saya. saya akan lebih teliti lagi dalam memilih makanan dan lebih giat berolahraga.

  236. akhir-akhir ini saya kalau bangun tidur pagi badan saya sering terasa pegal-pegal dan terasa nyeri di bagian tulang belakang, tolong info nya dan apa penyebabnya ?

  237. kolesterol saya ternyata 312, umur 24 tahun, kaget juga pas tahu.. memang agak pusing2, tapi dibawa santai aja.. jadinya sekarang berusaha untuk nurunin kolesterol sama olahraga dan makan sayuran terus… semoga semua teman-teman kembali sehat dan normal lagi kolesterolnya, amiiiin ^_^V

  238. This information is very useful, if there are foods that make ngobatin structural disease?

  239. walau pun kolesterol saya baru 235… saya mau jaga makanan dari sekarang..

  240. umur saya 23 tahun, walau suka olahraga.. kok kolesterol saya 235.. wah jaga makanan nich?

  241. thank you…..

  242. info yang sangat bermanfaat,, makasih ya.. :)

  243. Terima kasih, saya menemukan yang saya cari, penurun kolesterol, klo bisa info tentang bahaya kelebihan koresterol yang detail.

  244. umur sy 25th, kolesterol total sy 150, tg 75, hdl 44. sy senang skrng badn jd fresh, seger banget….. olh rg sy jalan kaki 1 jam 5 kl seminggu. dg menjaga kadar kolesterol berat badan sy jg turun dr 96 kg mnjd 67 kg dlm 1 thn. sy lebh memilih mengikuti pola makan sehat dripada sakit…

  245. mkasi informasinyua iaa bang
    berguna bgt bwt nyak ane

  246. Hatur nuhun bapak informasina.
    Sy baru cek lab cholesterol 248 dan trigliserida 236, bagaimana menurut bapak ? Apa yang harus sy prioritaskan untuk dpt sgr menurunkannya ?
    Oh ya, umur saya 43 thn, brt 63 dn tgg 166, sy lbh sering mkn di wrng nasi/rmh mkn krn lbh sering melaksanakan perjalanan. Bagaimana saran-saran bpk ?
    Tks.

    • minum suplemen seperti minyak ikan salmon omega3 , lechitin e, milk thistle susu high protein merk nutrilite aja pak pasti turun kolesterol nya. kontak sy bila butuh produknya

  247. mau tanya masalah kolesterol,pengobatannya apa ya?

  248. Sungguh sangat berguna informasi ini bagi kehidupan manusia terutama buat saya yang sedang mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol saya. Terima kasih.

  249. leher, tengkuk saya suka tegang dan kaku apa ini termasuk dari ciri2 dari kolesterol…..? saya rajin berolahraga dan juga jarang konsumsi makanan yg berlemak.

  250. Konon arang dapat menurunkan kolesterol. Silahkan lihat di sini http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/34/1391/yang_murah_jelek_hitam_

  251. [...] https://untoro.wordpress.com/2006/09/12/makanan-dan-minuman-penurun-kolesterol/ [...]

  252. .. Info yang pernah saya peroleh, biji bunga matahari juga menurunkan kolesterol darah dg signifikan, saya Googling Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com.

    Kalo menurut bapak dokter, bgmn?

    Silahkan klik link-nya yang ingin mencobanya.

  253. merubah gaya hidup sehat…. dan mengkonsumsi makanan segar dan organik…yang bebas dari bahan-bahan kimia…

  254. diet gol darah AB itu bagaimana ya
    golongan darah saya O, apa bisa saya terapkan?

  255. Terima kasih Pak Bambang Untoro atas infonya dan akan saya terapkan saran-saran Bapak untuk menurunkan kolesterol disamping itu saya juga mempunyai produk herbal yang bisa saya kombinasikan untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Wassalam Hari Sudibyo

  256. apa benar ,kopi juga dapat menurunkan atau mengendalikan meningkatnya kolesterol dalam tubuh?

  257. wah…infonya mantab

  258. cukup bermanfaat nih,,,
    makasih infonya ya,,,,

    (http://dyanzaa06.student.ipb.ac.id/)

  259. thx infonya .. :)
    Menambah pengetahuan saya..

  260. makasih yah infonyaaa….

  261. makasih nih infonya,,,

    (http://dyanzaa06.student.ipb.ac.id/)

  262. thx yaa infona.. 

    sangat bermanfaat..

  263. apakah kopi juga bisa menurunkan kolesterol?apa benar demikian,terimakasih atas infonya.

  264. makasih atas tipsnya aq suka ama gaya hidup kamu yg teratur thaks ya

  265. apakAH NENAS JUGA BISA Mengurangi rasa sakit karna kebas2

  266. Hatur Nuhun Pak Bambang kanggo informasi na ti sim kuring.
    sing mangfaat kangge nu maca ieu artikel.

  267. terima kasih pak. sangat bermanfaat. moga mendapat balasan di dunia dan akhirat, amin.

  268. kaki sy bengkak dan sakit2 terutama pada tulang dan sendi2 pada ngilu2 setelah di cek HDL cholesterol 50, LDL cholesterol 137, cholesterol 206 bagaimana cara menurunkan cholesterolny pak sy susah jalan krn sakit sekali, tolong pak sudah berobat tapi tetap kaki bengkak. terima kasih atas sarannya .

  269. Yth Bpk pengasuh n penyelamat.
    Pak kolesterol sy 230, pingin sy normalkan lg secepatnya.
    sekarang sy tiap hr olah raga dan mengkonsumsi Jinten Hitam yang digongso dan dihaluskan tiap hari 1 sendok teh diseduh diminum dgn ampasnya.
    apakah betul terapi yang sy kerjakan, moho petunjuk dan saran lebih lanjut.
    terimakasih
    Salam Hormat

  270. wah informasi yg bagus sekali pak… saya suka makan ikan, ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol kita ya… tapi saya juga suka gorengan.. bisa di perjelas tidak pak.. makanan yang paling mempunyai peranan penting thdp peningkatan kolesterol?

  271. Kami JUAL “JAMU AKAR DEWA”, HUBUNGI :JAMU AKAR DEWA Mengandung DAUN DEWA bermanfaat untuk menyembuhkan:
    Asam urat
    Pegel linu
    Encok
    Rhematik
    Kencing Manis
    Tekanan darah tinggi
    Membersihkan Darah Kotor
    Melancarkan Peredaran Darah
    Nyeri Otot
    Masuk Angin
    Mengurangi Kolestrol

    Jamu ini tidak mengandung alkohol, COCOK UNTUK:
    pria, wanita, anak-anak, maupun orang tua (Tidak untuk wanita hamil).
    Bagi Anda yang mempunyai PROBLEM DIATAS, dan sudah mencoba berbagai macam jamu tetapi belum Merasakan khasiatnya, cobalah JAMU AKAR DEWA. dan rasakan manfaatnya!

    Hp =( sms/telp.) 0856 553 874 38
    or
    e-Mail : sunnysby@gmail.com

    • Dimana saya bisa dapatkan jamu akar dewa terebut, tolong alamatnya di emailkan pa, ke gsupiandi @gmail.com

      Best Regard’s

      Wawan AS

  272. salam kenal pak, saya pecandu kopi, apakah ada manpaatnya untuk mengontrol kolesterol, trima kasih

  273. infonya sangat membantu saya, terima kasih.

  274. Salam Kenal Pa,,,
    Beberapa minggu terakhir ini saya merasakan dada agak sesak dan susah utk bernafas juga seperti ada yg bergerak, juga da2 saya berdebar2 sampai gemetar…
    apakah ini ciri penyakit jantung atau kolesterol pa????
    mohon solusinya,,terima kasih

  275. yang ingin saya tanyakan adalah, susu apakah yang cocok untuk wanita usia 50 tahun yang menderita kolesterol tinggi…. ?
    trima kasih

  276. bermanfaat

  277. Ass,txs dokter ats info nya

  278. makasi info nya pak,,
    ini sgt bguna bwt ayah saya,,,

  279. terima kasih atas infonya……………
    ini berguna sekali untuk nenek saya……………..

  280. thanks for informations

  281. Terima kasih atas infox pak,….
    InsyaAllah dengan ilmu yg saya dapat dari Bapak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol suami saya,… Amin

  282. terimakasih atas infonya pak, semoga bermanfaat bagi semua orang, GBU.

  283. alhamdulillah…ma kasih pak , infonya sangat saya perllukan

  284. alhamdulillah informasinya akan sy laksanakan cesepatnya

  285. alhamdulillah pak atas informasinya,akan sy laksanakan secepat mungkin

  286. saya dan suami sering mengeluh sakit dibagian tengkuk atau leher bagian blkg,,, apakah itu ciri-ciri kolesterol???

  287. thank’s ya atas informasinya.Ini sangat bermanfaat lho buat kesehatan raga dan hati saya.Aku selama hampir satu bulan badan ini terasa sakit semua.Apabila melakukan suatu kegiatan yang agak menyerap energi badan sangat cepat capek.Akhirnya mau tidak tidak mau sering idur lebih dari 3 kali dalam sehari.Biarpun tidurnya relatif sebentar.Dampaknya ,banyak pekerjaan kantor yang tak terselesaikan.Ketika aku chek up darah hasilnya kadar kolesterol saya ternyata 331.Dengan kondisi fisik yang seperti ini apakah mungkin saya mengidap penyakit lain yang belum terdeteksi?

  288. trim’s atas info nya saya akan membuat hidup lebih bermakna tanpa colesteron nd my fahter kena nih

  289. terimakasih atas info”a….
    saya mau tes kesehatan kerja tp saya cek duluan sendiri supaya kalo ada yang tinngi bisa di obatin terusss
    ternyata kadar kolesterol saya tinngi
    -kolesterol total 231
    -hdl 64
    -ldl 145
    mohon sarannya apa yang harus saya lakukan agar cepat turun
    terimakasih

  290. selamat siang pak.. hanya mau tanya.. buah sirsak (jus sirsak) bisa membantu mengurangi kolesterol gak ?? thanks be4.. tolong jawabannya di kirim ke email saya ya pak.. thanks banget.. gbu

  291. Saya mengkomsumsi bawang putih rata-rata 6 siung satu hari dilalap mentah waktu makan.sya tidak diare mencret atu sakit perut.tapi tiga bulan ini saya menderita keluhan betis dan paha saya sangat pegal apalagi baru bangun pagi.payah berdiri.apakah ini kelebihan dosis bawang putih… mohon tanggapan.

  292. Kunjungi http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  293. mau coba nih gan………,thanks atas infonya

  294. Thnk’s y dok…
    Bolh tanya gk jenis syuran ap ajah bt nurunin kolesterol???

  295. [...] The busiest day of the year was December 1st with 418 views. The most popular post that day was Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol. [...]

  296. saya dengar coklat hitam baik untuk menurunkan kolesterol….
    kalau benar…
    coklat yang bagaimana???????

  297. [...] dari https://untoro.wordpress.com/2006/09/12/makanan-dan-minuman-penurun-kolesterol/ This entry was posted in Artikel and tagged Kolesterol, Makanan. Bookmark the permalink. [...]

  298. makasih yah artikelnya.. ^^
    menambah pengetahuan saya,,

  299. dook
    kalu kaki kesemutan itu juga termasuk gejala kolesterol ta ?

  300. makasih infonya pak..
    ijin share ya pak..
    trimakasih..

  301. saya mau tanya.makanan daging sprti ayam dan sapi buat orng kolesterol bisa atau gak di makan ?

  302. teruma kasih informasi dari bpk untoro tentang kolestrol

  303. wah teh juga bisa menurunkan ya…saya juga penggemar teh.. nice info :)

  304. dok…
    boleh tanya ga makanan,buah”an atau minuman apa aja yang bisa cepat menurunkan kolesterol? soalnya mama saya sekarang kolesterolnya sedang tinggi dok…

  305. Informasi dan pengetahuan ini sangt berharga bagi mereka yg mengalami gangguan kolestrol tinggi Informasi seperti ini selayaknya disuguhkan secara kontinyu oleh mereka yg memiliki kepakaran, ini adalah sumbangan kemanusiaan yg bernilai tinggi.

  306. Trima Kasih atas infonya :)

  307. Terima Kasih atas infonya
    hehehe……

  308. Makasih atas infonya
    tapi kalian baik bangeet dech
    Hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    • infonya yang sangat bermanfaat …….
      makasih atas infonya

  309. info yang sangat bermanfaat… trima kasih atas infonya..

  310. salam..sebenarnya aku seorg distributor amway..(hampir 10 tahun)..apa yg aku ingin kongsikan disini ialah suplement nutrilite bagus utk penurunan kolesterol dn penjagaan jantung. antaranya ialah calcium magnesium,garlic licorice,omega 3 dan lecithin-e. disamping itu minuman teh hijau(green tea) juga bisa membantu..selamat mencuba..

  311. mudah2an ak bisa sembuih dari kolestrol

  312. pak,Ibu sy ini lgi hamil,tetapi ia mempunyai kadar kolestrol yg tinggi dan hipertensi.,
    bagaimana cara agar bisa menghilangkan kedua penyakit itu pak?
    Tolong di jawab segera.,

  313. kolesterol

  314. Yth.pak dokter
    Gini dok kolestrol saya 210 dan asam urat 6,5 kemudian gula 80.makanan apa yang saya makan agar kolestrol,asam urat dan gula normal?.tolong ya dok,jawab karena aku bingung karena yang satu mau diobati yang lain pantang.trims

  315. terima kasih infonya dokter

  316. thanks buat tips nya mas, saya coba satu persatu dan hasilnya lumayan

  317. melalui ini saya ingin tahu apakah kacang kedelai bisa menurunkan kolestrol

    • pak,bagaimana kalau yg koletrlnya tinggi ,hipertensi juga asam urat…bertentangan ngga makanannya…mohon solusinya dok.makasi

  318. makasi ya pak… Infonya sangat bermanfaat bg pembaca terutama bwt saya…. Agar bisa terapkan hidup sehat

  319. [...] tinggi berbareng dengan asam urat tinggi ? nah lhoo – bertentangan kan ! Coba lihat disini  [...]

  320. Terima kasih untuk infonya, Tuhan kiranya memberkati Bapak n keluarga. GBU.

  321. Tempe bisa menurunkan kadar kolesterol? wow! Saya sangat suka makan tempe.. Semua jenis makanan yang mengandung tempe, saya suka sekali. Kecuali satu! Tempe mentah…hehehe..
    Terima kasih infox yaa…
    Salam ^^

  322. Lengkap banget info menurunkan kadar kolesterolnya…
    Siph – mantab :D

  323. ass.wr.wb.
    dok, saya mau tanya, kenapa setiap bangun tidur telapak kaki sakit (bahasa jawa cekot-cekot), terutama di bagian tungkak, usia saya 36 th. bagaimana cara mengatasinya? saya takut periksa ke dokter.

  324. jadi kalo mau buat jus sebaiknya jangan disaring ya? utk buah tertentu kayaknya agak ngeri kalo nggak disaring deh, kayak tomat sama jambu kan bijinya banyak bgt..

  325. thanks infonya moga bermanfaat juga bg yg lain

  326. info yang sangat lengkap, semoga bermanfaat…

  327. Bagus bgt inponya…

  328. infonya bermanfaat untuk mama saya :))

  329. informasihX sangat bermanfaat bagi k2kq yang ku cyg……………makasi

  330. Customer kami di biofit program ada yang berhasil menurunkan 17kg dlm 1,5bln dan dalam 3 bulan turun 25kg lingkar badan mengecil 35cm. ukuran celana dari XXL menjadi M.

    Bila SERIUS ingin MENURUNKAN BERAT BADAN, bisa menggunakan ramuan alami BIOFIT.

    dalam 1 bulan program biofit rata-rata bisa menurunkan 5-12kg/bln. lingkar badan seperti perut, paha, lengan bisa mengecil.
    menormalkan kolesterol, menghaluskan kulit dan kulit tidak kendur.

    kami menyediakan 4 macam paket utk menurunkan berat badan :

    -paket pertama (utk menurunkan berat 2-8kg)
    harga 150.000
    penggunaan 30 hari

    -paket kedua (utk menurunkan 4-10kg)
    harga 275.000
    penggunaan 60 hari

    -paket ketiga (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 420.000
    penggunaan 60 hari

    -paket keempat (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 550.000
    penggunaan 60 hari

    masing-masing paket perbedaan ada pada kecepatan menurunkan berat badan dan pada hasil akhir yang di dapat.

    bagi yg ingin SERIUS bisa hubungi saya
    di 0878 3232 7700

    • kalau mau pesan gimana caranya apa benar bisa turun kan kolestrol dan berat badan pak ?

  331. Berarti kalau abis makan seafood,pesen jus alpokat,sambil kunyah bawang putih ..

  332. Trims, atas infonya , sangat berguna bagi saya………yang ingin saya tanyakan adalah apakah donor darah bisa mengurangi kadar kolesterol\asam urat\lemak dalam darah?…….saya dulu sering olahraga sepeda tapi karena istri ingin sy di rumah terus, saya jd jarang olahraga, saya mulai mencoba donor darah sudah dua kali dalam 3 bulan ini…..mudah2an donor darah bisa mengurangi kadar kolestorel

  333. Assalamu’alaikum.
    whew, trims iformasinya. sangat bermanfaat nih untuk orang-orang sekitar.

    btw, boleh ikud di blognya yah.

  334. smoga manfaat

  335. tolong pak kasih tau nih kaki saya kesemutan terus dan dingin terus juga tangan apaobat untuk hilangakanya pak

  336. sangat bermanfaat sekali buat kehidupan ibu saya

  337. yang pasti sangat berguna bagi keluarga saya

  338. Saya pipid, umur 23 th, bulan kmarin saya iseng cek lab meliputi kolesterol total, gula darah, dan asam urat. dari hsil itu, saya jadi tau kalo ternyta tingkat kolesterol saya 213, saya mulai takut, usia seperti saya sudah memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. saya penggemar mie, bakso, dan cake. apa itu salah satu penyebabnya? dan saya harus bagaimana skrg biar kolesterol saya turun dan menjadi normal? terima kasih

  339. Pas banget nih, baru tes darah ternyata si LDL tinggi, bawang putih ku mencarimu..

  340. terim kasih boss..btw sya 29 thn kdr kolrstrolnya sudah 219..pdhl bb ideal.

  341. Tanganku kesemutan dan kebas. Apa bisa minum neurobion

  342. ass….bulan juni sy terkena kolesterol imbas dari kecelakaan yg pada waktu itu tidak boleh gerak krn yg kena kaki dan tangan…kolesterol sy sampai 301…saran dokter makan obat and jaga makanan sy lakukan hanya 2 bulan krn jenuh makan obat…skrg sy mengkonsumsi omepros kira2 bagus ga ya,sy konsumsi herbal tsbt dan dikonsumsi sampai kapan?

  343. Ada tidak tensi darahnya rendah,namun kolesterolnya tinggi???

    terimah kasih… :)

  344. nais inpo gan..
    q jg pernah bca kalo 80% kolesterol udah di buat ma tbuh kita,jadi cuma butuh 20% ja dri luar!

  345. masih bingung beda kolesterol n trigliserid dimana ya Dok? kolesterol saya bagus tp trigliserid tinggi (>213) apa penyebabnya n bgm menurunkannya?
    matur nwn

  346. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

  347. sangat membantu…mhon ijin melingkan ke postingan di blog..trims

  348. [...] Kalau mau tahu minuman dan makanan  yang bisa menurunkan kolesterol klik disini [...]

  349. yth pak Dokter
    Saya pernah periksa asam urat, 13,5 tapi kok saya tidak pernah merasa pegel linu, apa dapat menyebabkan dampak lain karena tidak terkontrol, mohon jawaban pak, trim sebelumnya.

  350. saya nyeri pada bagian pundak kanan, dan sampai ke lengan kanan, jika bergerak sedikit saja sangat nyeri. ini disebabkan oleh penyakit apa ya dok?

  351. terima kasih ya pak. mungkin saya akan coba.

  352. Tolong dikirim info2 tentang makanan atau obat herbal penurun kolestrol dan asam urat.

    Trims, Taufiq

  353. Untuk info, Nilai normal Cholesterol adalah pria dan wanita, 39), wanita (> 46) mg/dl , LDL pria dan wanita < 150 mg/dl dan Trigliserida adalah pria (40-160), wanita (35-135) mg/dl. demikian semoga bermanfaat buat kita semua, nilai normal ini saya dapatkan dari tempat saya melakukan Medical check up, tetap jaga kesehatan, mencegah lebih baik daripada mengobati :)

    • ralat nilai normal kolesterol pria dan wanita adalah 39, wanita >46.

  354. ayurol dan omega squa yg berasal dari ikan salmon dan hati ikan hiu putih serta lecithin bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. informasi hubungi 081351991851

  355. Semoga bisa bermanfaat buat kami sekeluarga, dan khususnya jg buat sahabat kami.

  356. sya mw tnya bpkk saya penderita kolestrol . . . .. . ..truzz 3 tahun tiga taon yg lalu tangan kiri bpkk saya tidakkk bisaa di gerakann . . . . .. .menjelang 2 taon kmudian tangan kiri bpkk sya jg tidakkk bisa d gerakann . . . . . . . .apakahh itu akibat penyakitt kolestrol nya . . . . . . . .????mohon jawab dan terimah kasih . . . . .

  357. asslm…
    saya sudah cek darah, dan kadar tegliserida saya 320, tekanan darah saya 100/50, SAY DI BERI OBAT SVT 10 mg, dan saya mempunyai penyakit maag, saya aga takut dok,,,bagaimanakah supaya cepat turun dan normal kembali

  358. terikasih atas resepnya semoga tetap sehat

  359. kenapa alpukat dapat menurunkan kolesterol.

  360. Hdup shat brawal dr diri sendiri..

  361. Sayuran kan baik bagi penurunan kolesterol jahat,, tapi kalau penderitanya itu ada asam urat kan sayuran hijau katanya tidak baik pula untuk asam urat,bagaimana penanganannya?? Terima kasih

  362. bagus sekali infonya … sangat membantu …. kami sekeluarga ….

    • mau sehat …. ini solusinya…..

  363. Ijin share ya dok…. Makasih….

  364. Ulasan yang ringkas dan bagus, sangat bermanfaat, terimakasih pak unk infonya

  365. makash infonya

  366. untuk yang berminat menurunkan kolesterol dengan cara sehat dan mudah dengan mengunakan NUTRISI, silahkan konsultasi ke saya

    PIN BB : 27cbbff0
    hp : 085862841232

  367. Kepala saya sering pusing trs, pundak saya kiri kanan sering pegal. 4 hr yang lalu saya cek kolesterol saya 178.
    Apakah angka segitu d bilang kolesterol. Dan apa pola makan saya yg mengandung lemak harus bener benar d hindari?
    Terima kasih

  368. ibu ku menderita kolesterol 200lbih,tp tekanan darahnya rendah, aku takut kolesterol ibu ku akan truz naik,soalnya ibuku suka minum susu kental.
    Aku bilang susu kental ngak bgus buat kesehatan ibu,tp ibu ku malah marah2,katanya buat tambah darah. Jadi bingung cara penyampaiannya sama ibu ku.
    Mohon bantuannya.

  369. Alhamduliilah..! saya akan mencoba.

  370. bingung sama kacang kacangan, saya baca d artikel A kcang kcangan baik untuk pnurunan kolesterol, tapi artikel B ada yang bilang gak baik,.
    tolong bantu saya,.

  371. trimakasih banyak yang jelas sangat berguna bagi keluarga saya

  372. [...] Hewan laut selain ikan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, karena itu jangan dikonsumsi setiap hari, kecuali diimbangi dengan makan buah pencegah kolesterol seperti apel dan anggur merah (keduanya aku suka banget tuh). Jadi apapun yang Tuhan ciptakan saling melengkapi. Jadi agar sehat makanlah secara berimbang, nasi, lauk, sayur dan buah [...]

  373. pak terima kasih banyak atas penjelasan nya mudah2an Allah swt membalas kebaikan bapa amin

  374. pak dokter, suaminya menderita asam urat dan kolesterol tinggi, stlh saya browsing ternyata makanan yg baik dikonsumsi untuk penderita asam urat ternyata berlawanan dengan penderita kolesterol. spt buncis misalnya. ap saran dokter sebaiknya untuk suami saya.trima kasih

  375. maksih pak …infonya

  376. Sya bru baca psai lpas ujian darah and kolesterol sngat tinggi, rungsing juga ya…….

  377. Very useful information, thank you so much.

  378. Mksh bgt ats info’y,sngt bermanfaat sekali bagi saya yg menderita kolestrol tinggi

  379. umur saya masih belasan taun pas cek kolestrol ku tinggi . .,trimakasih infonya

  380. bagaimana dengan trigliserida yang tinggi pak, selain obat dari dokter, makanan apa yang harus dipantang atau dikonsumsi, terima kasih

  381. pak, apakah tempe goreng boleh dikonsumsi setiap hari?

  382. cil apa saya boleh makan

  383. nama saya sendy usia 30 tahun laki-laki, akhir2 ini saya mengalami sedikit masalah dengan irama jantung saya yang kadang2 mendadak berubah irama menjadi cepat (90bpm) sehingga kepala jadi pusing dan berkeringat di kepala, hasil test ekg normal, ldl =109 ,hdl=53 , faal ginjal ureum=17.80 kreatin=0.90 , asam urat=5,9 , glukosa darah =86, natrium=135, kalium=4.83, klorida=110, apa yg harus saya lakukan pak, mohon petunjuknya..!!! terima kasih

  384. suwun suwun

  385. thanks you,smga ibu mertua aku lekas sembuh,,,,,,,,

  386. terima kasih atas semua infonya..berapa kadar kolesterol dalam darah yg termasuk tinggi dan normalnya berapa…?

  387. Thanks atas infonya.,.

  388. Bermanfa’at ckali..aq slalu pusing kalo kolesterol naek.pdahal jarang makn ayam

  389. Bersyukur sekali menemukan artikel ini, sangat membantu saya dlm menyediakan hidangan u/ suami tercinta yg didiagnose berkolesterol tinggi, ..τнänκ чoü..

  390. terimakasih untuk informasinya :)

    http://www.jualberasorganik.net

  391. dari wamena- (papua ) mau tx ? sayur2an menurunkan kolestrol ap sja y pak?

  392. assss…..in dri wamena papua mau tx tntang sayur2an yang menurunkan kolestrol it ap sj? Trim’s

  393. trima kasih atas infonya ini akan saya coba broo mudah mudahan berjalan lancar

  394. HATI2 DENGAN PENAWARAN OBAT2AN DILUAR DARI RESEP DOKTER, SUDAH BANYAK PENIPUAN YANG BERKEDOK “PASTI SEMBUH” TERNYATA DUIT HILANG SEMBUH NGGAK… LEBIH BAIK KONSULTASI DENGAN DOKTER LEBIH DULU KALO BERHUBUNGAN DENGAN OBAT…. :D

  395. Sangat berguna
    Makasih informationnya

  396. Gmna nich aq ke dokter kmrin ktny sich takut kolesterol tinggi trus aq di ksih obt,tapi di dada sebelah kiri ada yang cekit cekit ,,gmna donk

  397. Trrima kasih , artikel ini sangat bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi …..

  398. Trimakasih atas saran untuk mengurangi kolesterol saya yg sangat tinggi..

  399. tadi ibu saya periksa katanya gag boleh makan tempe ? tapi koq di sini malah boleh yang bener gmn /??

  400. Pak…jikalau kita kolesterolnya tinggi apakah akan terdeteksi pada saat kita tes medikal cek up untuk melamar pekerjaan…???Dan apakah akan berpengaruh untuk hasilnya…?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: